Sukses

Polisi Batasi Kendaraan ke Tempat Wisata di Jabar Saat Libur Natal dan Tahun Baru

Liputan6.com, Bandung - Direktur Lalu Lintas Polda Jawa Barat Kombes Eddy Djunaedi mengatakan pihaknya akan membatasi kendaraan di tempat wisata saat libur panjang Natal dan Tahun Baru sebagai upaya mencegah terjadinya kepadatan yang berpotensi besar membuat penularan Covid-19. Menurut Eddy, strategi tersebut merupakan salah satu skema pengamanan lalu lintas saat momen libur Nataru.

"Bukannya enggak boleh masuk ya, tapi ada pembatasan-pembatasan. Di situ (tempat wisata) tak ada perayaan dan tetap mengutamakan protokol kesehatan," ujar Eddy ditemui usai apel gelar pasukan di depan Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (21/12/2020).

Eddy mengungkapkan, pembatasan ini dilakukan mengingat kondisi pandemi Covid-19. Di mana Pemprov Jabar juga sudah menegaskan tidak ada perayaan tahun baru di Jabar.

"Kita imbau kepada masyarakat harap diketahui bersama bahwa saat ini pandemi Covid-19 belum selesai. Mari sama sama kita menahan diri, lebih baik di rumah saja," ujar dia.

Namun demikian, Eddy menyatakan pihaknya tidak akan melakukan penutupan jalan tol. Menurutnya, Dirlantas Polda Jabar akan melakukan rekayasa lalu lintas terbatas secara situasional jika terjadi kepadatan seperti pemberlakuan one way dan contra flow.

"Tidak ada (penutupan), kita lihat situasional saja. Namanya situasional, nanti kita lakukan rekayasa lantas yang terbatas," katanya.

Adapun prioritas pengamanan jalur lalu lintas di masa libur Natal dan Tahun Baru, Eddy menyebutkan ada tiga jalur yaitu jalan tol, arteri, dan kawasan wisata. Ketiga jalur tersebut diprediksi akan dipadati kendaraan. Untuk jalur tol, antara lain Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) dan Cikampek-Purwakarta-Padalarang (Cipularang), dan Tol Padalarang-Cileunyi (Padaleunyi).

Sementara jalur arteri meliputi jalur pantai utara dan selatan. Sedangkan jalur wisata yang diwaspadai adalah kawasan Puncak, Kabupaten Bogor dan Lembang di Kabupaten Bandung Barat (KBB).

"Kami siap memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru. Jadi (soal protokol kesehatan) sudah diatur oleh pemda masing-masing. Kami nanti hanya melakukan pengamanan, berkaitan dengan penyekatan yang ada di wilayah masing-masing," kata dia.

 

**Ingat #PesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

2 dari 2 halaman

Simak Video Pilihan di Bawah Ini