Sukses

Pengembangan Teknologi dan Transportasi untuk Pertanian Ala Rusdy-Ma'mun

Liputan6.com, Jakarta - Pasangan Calon (Paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah Rusdy Mastura dan Ma'mun Amir siap mengembangkan teknologi untuk kemajuan pertanian di Sulawesi Tengah.

Selain itu Rusdy-Ma'mun akan memperbaiki transportasi darat, laut, dan udara agar terkoneksi antar daerah satu dan yang lainnya dalam mewujudkan Sulawesi Tengah menjadi daerah penyangga sebagai penyuplai kebutuhan pangan di ibukota negara baru yang akan pindah ke Kalimantan. Hal itu akan diungkapkan dalam debat pamungkas yang akan digelar KPU Sulteng sebelum hari pencoblosan.

"Sulawesi Tengah sangat kaya dengan kekayaan sumber daya alamnya, nilai tukar petani harus bisa meningkat dan perlu pemanfaatan teknologi disektor tersebut. Misalnya sawah di Toili, Buol, dan Parigi kita harus manfaatkan teknologi serta mendorong pendidikan yang berbasis vokasi pertanian," jelas Rusdy.

Menurut Rusdy sekarang ini harus tingkatkan pengembangan teknologi, kita memiliki kekayaan laut yang juga luar biasa. Aplikasi banyak berkembang yang bisa menggunakan android, seperti aplikasi fish on yang bisa mendeteksi ikan dan arus laut. Selain itu pembangunan kewilayahan disektor perikanan, akan diarahkan ke pengembangan budidaya ikan dan udang ditambak.

"Sulawesi Tengah masih banyak jalan provinsi yang rusak dan memperhatinkan, seperti misalnya di Balantak Utara dan jalan provinsi lain. Inilah salah satu yang harus kita benahi, karena ini mempercepat proses dari produsen ke konsumen, dari desa ke kota," jelas Rusdy.

Kemudian Rusdy Mastura pun memiliki mimpi mewujudkan tol laut yang diharapkan Presiden Jokowi. Sehingga ada kapal besar yang bisa sampai ke Kasimbar yang nantinya ada pelabuhan dan melising kapal. Sehingga petani dan pedagang bisa mengirim hasilnya sampai ke Kalimantan.

"Sulawesi Tengah harus menjadi sentral hubungan antara bagian timur dan barat, karena ibukota akan pindah ke Kalimantan. Harus ada gagasan besar melihat peluang dan kesempatan ini untuk diwujudkan, jangan hanya berbicara normatif yang siapapun bisa melakukan," tegas Rusdy

Revitalisasi Infrastruktur Konektivitas Darat, Laut, dan Udara dalam Rangka Mewujudkan Sulteng Sebagai Provinsi Penyangga Ibukota Negara 2024. Merupakan salah satu dari sepuluh program unggulan Rusdy-Ma'mun pada Sulteng Akses yang nantinya Ma'mun akan fokus di wilayah Timur dan Cudy di wilayah Barat.

2 dari 2 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: