Sukses

Muryanto Amin Terpilih Jadi Rektor USU 2021-2026

Muryanto Amin terpilih sebagai Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) periode 2021-2026. Terpilihnya Muryanto sebagai Rektor USU berdasarkan hasil sidang pemilihan dan penetapan yang dilakukan Majelis Wali Amanat (MWA) USU.

Liputan6.com, Medan Muryanto Amin terpilih sebagai Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) periode 2021-2026. Terpilihnya Muryanto sebagai Rektor USU berdasarkan hasil sidang pemilihan dan penetapan yang dilakukan Majelis Wali Amanat (MWA) USU.

Sidang pemilihan dan penetapan dilakukan MWA USU di Kantor Kementerian Pendidikan atau Gedung Pendidikan Tinggi, di Jakarta. Muryanto memperoleh 18 suara (57,75 %) dengan mengungguli pesaingnya, Farhat 11 suara (35,75) dan Muhammad Arif 2 suara (6,5).

Hadir pada pemilihan, Direktorat Jenderal Dikti, Muhammad Nizam, yang bertindak mewakili menteri, Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara (Sekdaprovsu) Sabrina yang mewakili Gubernur serta anggota MWA.

Dalam keterangan diperoleh Liputan6.com, Ketua MWA USU, Kartini Sjahrir Panjaitan, usai pemilihan Rektor USU mengucapkan selamat atas terpilihnya Muryanto Amin yang akan menggantikan Runtung Sitepu.

"Semoga USU lebih baik di bawah kepemimpinan Muryanto Amin," ucap Kartini, Kamis (3/12/2020).

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bekerja Sama Bangun USU

Rektor USU terpilih, Muryanto Amin, dalam pernyataan singkatnya berterima kasih kepada MWA yang telah melakukan pemilihan rektor dengan baik dan lancar. Muryanto juga mengajak seluruh civitas akademika bekerja sama membangun USU ke depan.

"Tugas kita semakin berat, karena harus tetap mempertahankan yang sudah diraih pimpinan sebelumnya. Bahkan harus lebih meningkat lagi," sebutnya.

Muryanto Amin merupakan alumni Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) USU angkatan 1992. Pria kelahiran Medan 30 September 1974 ini berhasil menjadi Rektor USU setelah melewati tahapan penyaringan yang dilakukan Senat Akademik.

Jenjang Magister dan Doktor Ilmu Politik diraih Muryanto dari Universitas Indonesia (UI). Muryanto merupakan dosen di Program Studi Ilmu Politik, juga Dekan FISIP USU saat ini.

3 dari 3 halaman

Tahapan Pemilihan Rektor USU

Pemilihan Rektor USU dimulai sejak Oktober 2020. Kegiatan diawali pemilihan anggota MWA wakil masyarakat. Selanjutnya pendafataran calon Rektor USU dimulai 6 November 2020. Terdapat 7 orang pendaftar, 6 dari USU, dan 1 dari luar USU.

Selanjutnya ditetapkan 6 calon yang memenuhi syarat untuk maju pada tahap audisi. Pada tahap ini 2 calon mundur, tersisa 4 calon Rektor USU yang dibawa ke Senat Akademik. Kemudian dilakukan penjaringan untuk memilih 3 orang calon Rektor USU yang akan dipilih oleh MWA.

Anggota MWA USU sendiri terdiri dari 8 orang wakil Senat Akademik, 10 orang wakil masyarakat, dan 3 orang ex officio, yaitu Rektor USU, Gubernur Sumut, dan Mendikbud.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.