Sukses

Mengintip Terobosan Polres Kampar Layani Masyarakat Saat Pendemi Covid-19

Polres Kampar mendapat penghargaan karena melakukan berbagai terobosan melayani masyarakat saat pendemi Covid-19.

Liputan6.com, Pekanbaru - Pandemi Covid-19 di Riau tak membuat pelayanan Polres Kampar terganggu. Dengan penerapan protokol kesehatan, mulai dari penyediaan tempat mencuci tangan hingga menjaga jarak, pelayanan seperti pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) tetap berjalan.

Dalam pelayanan SIM, Polres Kampar membatasi kontak antara warga dengan petugas. Salah satunya mengantarkan SIM ke setiap rumah tanpa pungutan biaya tambahan.

Kapolres Kampar Ajun Komisaris Besar Mohammad Kholid SIK menyebut terobosan ini bernama SIM delivery service. Layanan ini memanfaatkan teknologi sehingga masyarakat terbantu ketika mendapatkan SIM.

"Kemudian Satuan Lalu Lintas Polres juga mengadakan pelatihan gratis kepada warga atau free coaching clinic," ucap Kholid, Selasa siang, 3 November 2020.

Di sisi lain, Polres juga memberikan ruang kepada masyarakat yang masih merokok. Personel menyediakan satu ruangan khusus agar masyarakat yang tidak merokok tidak merasa terganggu.

Selain pelayanan, Polres Kampar juga aktif memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Salah satunya membagikan ribuan masker kepada masyarakat di berbagai lokasi.

"Juga dilakukan sosialisasi protokol kesehatan di pasar, ruang publik dan pusat keramaian lainnya," ucap Kholid.

Terobosan selama pandemi dan kepedulian menekan Covid-19 di Riau ini mendapat apresiasi dari Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi). Polres Kampar diganjar Promoter Reward pada Senin, 2 November 2020.

Direktur Lemkapi Dr Edi Hasibuan langsung datang ke Polres Kampar menyerahkan pengharapan ini. Disaksikan Kholid, Promoter Reward diterima Kasat Lantas Polres Ajun Komisaris Angga Wahyu Prihantoro SIK.

Edi Hasibuan menyatakan, reward ini berkat dedikasi dan loyalitas Polres Kampar, terutama fungsi lalu lintas yang membuat terobosan pelayanan saat pandemi Covid-19.

"Begitu juga dengan pembagian puluhan ribu masker serta bantuan sosial. Setelah kami pantau, ini mendapat apresiasi tinggi dari masyarakat," ucap Edi.

Sementara, Kholid mengucapkan terima kasih kepada Lemkapi atas penghargaan tersebut. Kholid menyebut Polres Kampar akan lebih baik lagi melayani masyarakat.

"Penghargaan menjadi motivasi bagi Polres Kampar, terutama dalam pendemi ini," ucap Kholid.

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.