Sukses

Bukan Ditilang, Pelanggar Lalu Lintas di Riau Malah Dapat Masker

Operasi Zebra 2020 tidak lagi menitikberatkan pada penindakan tapi lebih kepada keselamatan pengendara termasuk sosialisasi protokol kesehatan.

Liputan6.com, Pekanbaru - Sudah sepekan Direktorat Lalu Lintas Polda Riau menggelar Operasi Zebra. Berbeda dengan tahun sebelumnya, kegiatan ini tidak lagi menitikberatkan penindakan melainkan sosialisasi protokol kesehatan dan mengajak masyarakat tertib berkendara.

Pelanggar yang terjaring razia hanya diberi pemahaman tentang pentingnya keselamatan dengan cara mematuhi rambu dan peraturan berkendara. Sementara pengendara yang tertib dan menerapkan protokol kesehatan diberikan masker.

"Kami juga memberikan masker sebagai apresiasi dan sanjungan kepada warga yang sangat peduli menghindari Covid-19," kata Kasubsatgas Binluh Operasi Zebra Polda Riau Komisaris Reni Dewita, Senin (2/11/2020).

Reni menjelaskan, Operasi Zebra sudah digelar sejak 26 Oktober dan berakhir pada 8 November ini. Ada beberapa sasaran personel selama melaksanakan tugas di jalanan.

Di antaranya, tambah Reni, pengendara tidak menggunakan helm, tidak mematuhi rambu-rambu lalu lintas, dan mengabaikan protokol kesehatan. Yaitu, menggunaan masker, menjaga jarak, mencuci tangan serta tidak berkerumun.

"Kami juga memberikan semangat kepada pengemudi angkutan umum yang sudah lelah agar tetap mematuhi peraturan lalu lintas serta mengingatkan agar tidak mengemudi Ketika mengantuk," kata Reni.

Reni menerangkan, sistem Operasi Zebra tahun ini berubah karena pandemi Covid-19. Hal itu sesuai dengan arahan Kapolri Jenderal Idham Aziz agar personel melakukan edukasi dan pencegahan secara simpatik.

"Awalnya ada penindakan seperti tilang bagi pelanggr tapi ditiadakan," jelas Reni.

Meski demikian, Reni mengimbau masyarakat untuk tetap mematuhi aturan lalu lintas. Pasalnya, kecelakaan lalu lintas selalu bermula dari pelanggaran di jalanan.

"Semoga kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk patuh berlalulintas dan memberikan himbauan pentingnya menjalankan protokol kesehatan," kata Reni.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.