Sukses

Mengintip Peluang Investasi di Cirebon di Masa Pandemi Covid-19

Liputan6.com, Cirebon - Emas menjadi salah satu tren investasi masyarakat di tengah pandemi covid-19. Naiknya harga emas dunia diyakini merupakan imbas meluasnya sebaran virus Covid-19.

Direktur Utama PT Bursa Berjangka Jakarta, Stephanus Paulus Lumintang pertumbuhan emas diperkirakan masih akan terus meningkat sampai akhir tahun 2020. Bahkan, pertumbuhan emas bisa di atas 40 persen.

Dia memperkirakan, pertumbuhan emas hingga akhir tahun 2020 ini mencapai 42 persen. Selain emas, pertumbuhan investasi berjangka lain ada di kontrak kopi hingga di atas 20 persen.

"Ini peluang termasuk di Cirebon dan kita perlu terus mengedukasi agar kesadaran berinvestasi meningkat. Fasilitas untuk perusahaan bursa berjangka sudah online jadi transparan," ujar Stephanus usai mengikuti rangkaian prapembukaan kantor cabang ke-9 PT Equityqworld Future di Cirebon, Jumat (16/10/2020).

Dia juga menyebutkan, pertumbuhan emas di bursa berjangka Jakarta naik lebih dari 40 persen sejak Januari 2020. Kenaikan tersebut dibandingkan periode sama tahun 2019.

Kenaikan terjadi karena sepanjang tahun 2020 terjadi sejumlah perubahan seperti perang dagang di masa pandemi Covid-19 hingga pengaruh Pilpres Amerika Serikat bulan November mendatang.

"Pertumbuhan kontrak kopi juga meningkat diatas 20 persen mendekati 30 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu," ujar dia.

Dia mengatakan, sebagian masyarakat Cirebon berinvestasi sudah terbilang baik. Namun, untuk beberapa pasar lain yang belum tersentuh penting untuk diberikan edukasi dan pemahaman.

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

2 dari 3 halaman

Edukasi Masyarakat

Pimpinan Cabang EWF Cirebon, Ernest Firman mengatakan komitmen bersama tim akan menjalankan bisnis secara transparan, akuntabel. EWF Cirebon akan memberikan pelayanan melalui penyediaan informasi berupa berita-berita terkini yang akan membantu para investor mengambil keputusan tepat.

"Keputusan tepat ketika bertransaksi serta konsultasi tentang investasi hingga 24 jam," kata dia.

Meski termasuk kategori investasi high risk high return, merupakan pilihan alternatif investasi yang menjanjikan. Terlebih dengan fenomena kenaikan harga emas di masa pandemi sekarang.

Dia mengimbau, setiap nasabah juga harus memperhatikan manajemen risiko dan jeli. Perusahaan pialang berjangka yang dipilih harus terdaftar dan resmi diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI).

Sebagai bentuk tanggung jawab sosial EWF Cirebon kepada masyarakat dan nasabah, akan dilakukan kegiatan edukasi baik secara online maupun bertatap muka langsung apabila pandemi sudah berakhir. Dan ini akan dilakukan secara berkelanjutan.

“Kami yakin dengan potensi yang ada, setelah resmi beroperasional penuh, maka dalam setahun pertama bisa menarik 400 nasabah baru dengan total volume transaksi sebanyak 100.000 lot,” sebut dia.

3 dari 3 halaman

Simak Video Pilihan Berikut Ini: