Sukses

Bank Covid-19 di Musi Banyuasin Sediakan Sembako Bagi Warga Kurang Mampu

Liputan6.com, Palembang - Salah satu kecamatan di Kabupaten Musi Banyuasin Sumatera Selatan (Sumsel) membentuk program Bank Covid-19, untuk membantu para warga yang terdampak pandemi Covid-19. Inovasi tersebut dilakukan di Desa Mendis Jaya Kecamatan Bayung Lencir Musi Banyuasin Sumsel.

Bank Covid-19 yang berada di Kantor Kepala Desa Mendis Jaya tersebut, awalnya muncul demi memberikan bantuan kepada warga Desa Mendis Jaya. Terutama warga kurang mampu yang terdampak pandemi Covid-19.

Kepala Desa Mendis Jaya Jefri KR menuturkan, siapa saja bisa menabung kebaikan berupa sembako, yang kemudian diserap oleh Bank COVID-19.

"Siapa saja bisa menabung amal di sini, agar bisa dinikmati warga yang kurang mampu," katanya, Sabtu (19/9/2020).

Namun seiring berjalannya waktu, saat ini Bank Covid-19 ini bukan hanya melayani kebutuhan pangan atau sembako saja. Bank Covid-19 ini juga, sudah bisa memberikan pinjaman usaha pemberdayaan masyarakat.

Beberapa warga yang mendapatkan pinjaman bantuan, mengelola dana tersebut untuk usaha ternak ayam Kampung Joper dan usaha rumahan ibu-ibu UP2K-PKK berupa makanan ringan.

Serta Budidaya Ikan Dalam Ember (Budikdamber), yang sudah tersebar di 25 rumah atau kepala keluarga di Desa Mendis Jaya Kabupaten Musi Banyuasin Sumsel.

Camat Bayung Lencir Muhammad Imron mendukungan penuh berjalannya Bank COVID-19 ini secara kontinu, walau ke depannya sudah tidak ada lagi Covid-19.

"Semoga bisa membantu dalam masa pandemi ini bagi warga. Diharapkan juga bisa meningkatkan perekonomian warga itu sendiri,” ujarnya.

Bahkan untuk usaha rumahan ibu-ibu UP2K-PKK Mendis Jaya, akan dibantu proses pembuatan ijin Produk Industri Rumah Tangga (P-IRT) dan Pengemasan Produk (Packaging Product).

Sementara salah satu penerima bantuan pengembangan usaha di Kabupaten Musi Banyuasin, Sayama (40) mengungkapkan rasa terima kasih dan syukurnya atas adanya Bank Covid-19 tersebut.

2 dari 3 halaman

Program Bank Covid-19

"Alhamdulillah ini lebih dari cukup untuk kami bisa mengembangkan usaha yang sudah ada. Produk kami saat ini ada dodol nanas, berbagai jenis keripik dan makanan ringan yang kami produksi dirumah," ucapnya.

Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex Noerdin mengapresiasi inovasi Bank Covid-19 yang diinisiasi jajaran Kecamatan Bayung Lencir.

Menurutnya, Bank Covid-19 ini sangat positif, esensinya saling menolong di tengah pandemi Covid-19. Program tersebut juga diharapkan bisa diikuti kecamatan lainnya di Kabupaten Musi Banyuasin.

“Pandemi COVID-19 mengajarkan kita selalu kuat, dengan gotong royong dan tolong menolong. Alhamdulillah Bayung Lencir telah melaksanakannya, semoga kita selalu saling melindungi satu sama lain," ungkapnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini :