Sukses

Mobil Terguling di Lokasi Wisata Negeri di Atas Awan, 3 Orang Meninggal Dunia

Liputan6.com, Banten - Peristiwa nahas terjadi di Gunung Luhur atau yang terkenal dengan sebutan Negeri di Atas Awan, tepatnya di Jalan Raya Cipanas-Warung Banten, Kampung Cipulus, Desa Citorek, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak, Banten. Sebuah kendaraan pick-up dengan nomor polisi F 8158 HE bermuatan lima orang terguling, setelah tak kuat menanjak dan mengalami rem blong, Selasa sore (25/8/2020), sekitar pukul 17.00 WIB. 

Kasatlantas Polres Lebak, AKP Tri Wilarno, Rabu (26/8/2020) mengatakan, mobil tersebut datang dari arah Warungbanten menuju Cipanas, setibanya di lokasi, kendaraan yang dikemudikan Pipi Sopian, pada saat di jalan turunan kendaraan tersebut mengalami rem blong.

"Sopir tidak bisa mengendalikan laju kendaraannya dan mengakibatkan kendaraan tersebut terguling," katanya. 

Akibat kecelakaan itu tiga orang penumpang mobil dinyatakan meninggal dunia di lokasi. Ketiganya antara lain sopir atas nama Pipi Sopian, dan dua penumpang atas nama Encung dan Suria. Sementara dua penumpang lain, yaitu Tarmidi dan Yuta mengalami luka-luka dan kini mendapatkan perawatan intensif.

"Dua penumpang lainnya mengalami luka dan mendapatkan perawatan medis di Puskesmas Citorek," terangnya.

Video kecelakaan itu juga viral di media sosial, beberapa akun mengunggahnya, seperti akun instagram @InfoRangkasbitung yang menampilkan tiga slide foto kecelakaan di tanjakan menuju lokasi wisata Gunung Luhur. Foto itu disukai oleh 2.510 dan 79 komentar dari warganet.

Perlu diketahui bahwa lokasi kejadian berbatasan dengan wilayah Bogor dan Sukabumi. Akses terdekat menuju lokasi kejadian dari Rangkasbitung, Ibu Kota Lebak, sebenarnya bisa melalui Kecamatan Cipanas. Namun belum bisa dilalui usai banjir bandang pada 1 Januari lalu, lantaran jembatannya masih terputus. Sehingga harus memutar melalui Kecamatan Sobang ataupun Bayah-Sawarna-Cikotok.

Penerangan jalan umum (PJU) pun tak ada, lokasinya masih berupa hutan dan jauh dari perkampungan. Pada akhir tahun 2019 lalu, disekitar lokasi sempat terjadi longsor dibeberapa titik. Begitupun saat banjir bandang 1 Januari lalu, tebing dan jurang ikut longsor di berbagai titik jalan Citorek-Warung Banten itu.

Berikut daftar nama dan identitas korban meninggal dunia:

1) Pipi Sopian. Bogor, 02 Agustus 1973. Alamat di Kecamatan Jasinga, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

2) Suria. Lebak, 10 Oktober 1968. Alamat di Kecamatan Cipanas, Kabupaten Lebak, Banten.

3) Encung (40). Alamat di Kecamatan Jasinga, Kabupaten Bogor, Jabar.

 

Simak juga video pilihan berikut ini: