Sukses

Berstatus OTG, Rektor USU Runtung Sitepu Positif COVID-19

Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Prof. Runtung Sitepu positif virus Corona COVID-19.

Liputan6.com, Medan - Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Prof Runtung Sitepu positif COVID-19. Hasil ini berdasarkan uji Polymerase Chain Reaction (PCR) di Rumah Sakit (RS) USU. Runtung berstatus Orang Tanpa Gejala (OTG) dan dalam keadaan sehat.

Tidak hanya Runtung, ‎Wakil Rektor I USU, Prof Rosmayati dan suaminya, yang merupakan anggota Majelis Wali Amanat (MWA) USU, Prof Darma Bakti, juga positif COVID-19. Suami istri ini juga berstatus OTG dan dalam keadaan sehat.

"Rektor, Wakil Rektor I, positif berdasarkan hasil swab. Kondisinya sehat dan baik-baik saja. Mereka berstatus OTG atau Orang Tanpa Gejala," kata Kepala Kantor Humas, Promosi, dan Protokoler USU, Elvi Sumanti, Minggu (12/7/2020).

Dijelaskannya, saat ini sedang dilakukan pematauan perkembangan terhadap para pimpinan USU yang dinyatakan positif COVID-19 itu.

Terkait hal itu, aktivitas birokrasi di USU tidak terganggu sama sekali. "Doakan kesehatan dan kesembuhan mereka," ujarnya.

Saksikan juga video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pantau Perkembangan

‎Ketua Tim Laboratorium Pemeriksa COVID-19 RS USU, dr Dewi Indah Sari Siregar mengatakan, para petinggi USU tersebut dalam keadaan sehat.

Hanya Wakil Rektor I USU yang menjalani perawatan di Rumah Sakit Columbia Asia, Kota Medan. ‎"Karena ruang rawat di RS USU penuh oleh pasien," sebutnya.

Diungkapkan Dewi, pihaknya terus memantau perkembangan ketiga profesor yang bertugas di USU tersebut. Pihaknya juga memastikan penanganan medis dilakukan secara optimal dan baik terhadap ketiganya.

"Kondisinya sehat, tidak bergejala," ungkapnya.

3 dari 3 halaman

Isolasi Mandiri

Direktur Utama RS USU, dr. Syah Mirsya Warli, juga membenarkan Rektor USU, Runtung Sitepu, positif COVID-19.

Untuk memutus mata rantai penularan COVID-19, pihaknya mengharapkan siapa saja yang ada kontak erat dalam 14 hari terakhir agar melakukan swab di RS USU atau tempat lainnya.

"Saat ini, Rektor USU, Runtung Sitepu, melakukan isolasi mandiri di rumah pribadi, di Binjai," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.