Sukses

Tangani Covid-19, Pemprov Sulut Kerahkan 6.507 Tenaga Kesehatan

Liputan6.com, Manado Angka penambahan kasus baru Covid-19 di Sulut masih terus terjadi. Pemprov Sulut melakukan sejumlah langkah strategis termasuk mengerahkan ribuan tenaga kesehatan (nakes), serta menyiapkan berbagai fasilitas pendukungan penanganan pandemi ini.

Berdasarkan data yang dihimpun, hingga Rabu (8/7/2020), tercatat ada 6.507 nakes yang dikerahkan untuk menangani pandemi Covid-19 di Sulut. Mereka bertugas di 48 rumah sakit rujukan dan penunjang yang ada di seluruh daerah di Sulut.

“Ini sebagai upaya untuk menangani pandemi Covid-19 secara efektif,” ungkap Jubir Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Sulut dr Steaven Dandel.

Rincian 6.507 nakes itu terdiri 1.525 tenaga dokter, dan tenaga medis lainnya. Untuk dokter terdiri dari 530 dokter umum, 124 dokter spesialis penyakit dalam dan 871 dokter spesialis lainnya.

Sedangkan untuk fasilitas dalam 48 rumah sakit tersebut, terdapat 6.479 tempat tidur, dengan 1.078 tempat tidur isolasi dan 50 ventilator.

"Rumah sakit ini untuk merawat pasien positif Covid-19 maupun mereka yang masih berstatus Pasien Dalam Pengawasan atau PDP," ujarnya.

Sejumlah rumah sakit rujukan dan pendukung penanganan Covid-19 di Sulut antara lain, RS Prof Kandou Manado, RSUD Bitung, RS Maria Walanda Minahasa Utara, RS GMIM Bethesda Tomohon, RSUD Noongan Minahasa dan RSUD Amurang Minahasa Selatan.

Kemudian, RSUD Mitra Sehat Minahasa Tenggara, RSUD Kota Kotamobagu, RSUD Datoe Binangkang Bolaang Mongondow, RSUD Bolaang Mongondow Selatan, RSUD Bolaang Mongondow Utara.

"Sedangkan rumah sakit di daerah kepulauan yang menangani Covid-19 ada RSUD Talaud, RSUD Liun Kendage Sangihe dan RSUD Tagulandang Sitaro," ungkap Dandel.

2 dari 2 halaman

Simak juga video pilihan berikut: