Sukses

Sempat Ditunda, Pemkot Manado Akhirnya Buka Mal

Liputan6.com, Manado - Wali Kota Manado GS Vicky Lumentut memberikan kesempatan kepada pihak pengelola untuk membuka mal dan pusat perbelanjaan. Namun dengan sejumlah syarat, dan akan dievaluasi selama empat tahap.

Terkait hal itu, Lumentut bersama jajarannya memantau persiapan pembukaan mal di Manado Town Square, Kamis (2/7/2020).

"Syarat-syaratnya sudah ada, kami berharap dari pihak Mmal mengambilnya dan kapan akan dimulai, tergantung kesiapan dari mal sendiri," ucapnya.

Dia menegaskan, setelah syarat-syaratnya dipenuhi dan mereka menyampaikan kesiapan bisa dimulai, kapan saja. Diharapkan syarat itu dipenuhi dan tidak ada klaster baru, klaster mal untuk kota Manado.

Wali kota berharap pengelola mal untuk mempersiapkan segala protokol kesehatan saat mal dibuka kembali. Pengunjung dan karyawan juga dibatasi hanya 30 persen dari kapasitas mal.

"Di tahap pertama ini anak-anak, lansia dan ibu hamil belum diizinkan untuk mengunjungi mal," katanya.

Berkaitan dengan hal itu, Lumentut menyebutkan beberapa tempat yang belum dibuka adalah arena permainan anak-anak, bioskop, karaoke, salon dan spa.

"Di tahap kedua apakah akan dibuka nanti akan dilihat, tahap pertama ini akan buka selama dua minggu untuk uji coba," tandasnya.

Rencananya mal dibuka pada Rabu (1/7/2020), tapi kemudian ditunda karena pemerintah pusat menyampaikan Manado sebagai zona merah penyebaran Covid-19.

2 dari 2 halaman

Simak juga video pilihan berikut: