Sukses

Sempat Viral, Bocah 8 Tahun di Polman Akhirnya Sembuh dari Covid-19

Liputan6.com, Polman - Setelah 37 hari menjalani masa karantina di RSUD Polman, Sulawesi Barat, MB (8) bocah yang potonya sempat viral pada 5 Mei lalu dinyatakan sembuh dari Covid-19. Poto MB yang viral menggambarkan suasanan penjemputannya oleh petugas medis menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap.

"Pasien 53, laki-laki, inisial MB umur 8 tahun, pasien berasal dari Polman dan masuk kluster Kandemeng, berdasarkan hasil laboratorium 2 kali negative, maka pasien dinyatakan sembuh," kata Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sulawesi Barat Safaruddin Sanusi saat video conference, Kamis (11/06/2020).

Direktur RSUD Polman dr Andi Emy Purnama yang dihubungi Liputan6.com mengatakan, selama menjalani karantina, kondisi kesehatan MB termasuk stabil, ia tidak menunjukkan gejala, meski virus yang sangat mudah menyebar itu bersemayam di dalam tubuh mungilnya.

"MB masih bisa bermain di ruang karantina, karena banyaknya simpatisan yg mengirimkan mainan ke RS, agar ia tidak bosan menjalani karantina," kata Emy.

Emy mengisahkan, saat menjalani karantina Covid-19, MB sangat suka bermain di balkon rumah sakit. Perawat yang menjaga MB sempat merasa sangat khawatir dan melarangnya ketika ia ingin bermain disana.

"Tapi karena MB agak maksa, jadi perawat menemaninya ketika bermain di balkon," terang Emy.

Emy juga menuturkan, ketika meninggalkan rumah sakit menuju ke kediamannya, MB terlihat sangat bahagia, karena bisa kembali berkumpul bersama keluarganya. Apa lagi, ia pulang dengan membawa semua mainan yang diberikan oleh warga kepadanya.

"Ia sudah pulang tadi, dengan menenteng tas bersama mainan-mainannya, tak lupa ia berpamitan dengan semua petugas medis yang ada di rumah sakit," tutur Emy.

Emy berharap, MB bisa terus sehat setelah kembali ke kediamannya dengan tetap menjaga kesehatan agar tidak lagi terpapar Covid-19. Apa lagi, pihak rumah sakit sudah memberi bekal pada MB mengenai tata cara hidup sehat yang baru.

"Tetap menjalankan protokol kesehatan, ketika bermain di luar rumah memakai masker, tetap jaga jarak, cuci tangan pakai sabun sesuai dengan yang sudah diajarkan oleh pihak rumah sakit," harap Emy.

2 dari 3 halaman

Harapan Pasien Lainnya

Sementara itu MSA (35) salah seorang pasien dari klaster Kandemeng yang selama ini menjalani karantina bersama MB turut merasa senang dengan kesembuhan MB, meski hingga saat ini ia belum dinyatakan sembuh dari Covid-19.

"Kalau perasaan saya sebagai rekan pasien Covid-19 tentunya sangat senang mendengar kabar baik dari adik MB dan teman yang swab terakhirnya dinyatakan negatif hari ini," kata MSA.

MSA mengungkapkan, ia merasa terharu melihat keriangan pasien yang dinyatakan sembuh dari Covid-19. Bagaimana tidak, mereka sudah merasakan suka dan duka selama menjalani masa karantina di rumah sakit.

"Sangat sering saya mendengar kesedihan di tengah-tengah mereka, jika hasil swab yang ditunggu-tunggu ternyata masih positif, saya bahkan 6 kali swab belum sembuh," ungkap MSA.

MSA pun berharap, pasien yang dinyatakan sembuh hari ini bisa terus menjaga kesehatan mereka. Bagi pasien yang masih menjalani karantina karena hasil swab masih positif, termasuk dirinya, ia berharap dapat segera diberi kesembuhan.

"Teman-teman yang masih positif semoga kedepan bisa juga segera menyusul negatif seperti teman-teman yang lain. Jangan pernah berkecil hati, tetap saling menyemangati satu sama lain," tutup MSA.

3 dari 3 halaman

Simak juga video pilihan berikut: