Sukses

Cerita Prajurit Kostrad Keliling Pengobatan Gratis dan Berkebun di Perbatasan Papua

Liputan6.com, Merauke - Pandemi Covid-19 melanda dunia, termasuk Indonesia. Tetapi, Prajurit TNI yang tergabung SatuanTugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) dari Yonif MR 411/Pdw Kostrad terus menggelar patroli keamanan di wilayah sekitar perbatasan RI-PNG.

Dansatgas Yonif MR 411/Pdw Kostrad Mayor Inf Rizky Aditya, S.Sos., M.Han mengatakan personel Satgas Yonif MR 411/Pdw Kostrad yang telah bertugas ±11 bulan di Bumi Cendrawasih tepatnya di perbatasan RI-PNG sektor selatan Kabupaten Merauke, tak kenal lelah dalam memastikan stabilitas keamanan di wilayah perbatasan kedua negara melalui patroli.

Patroli keamanan tiap hari di tengah pandemi Covid-19 ini digelar  TNI untuk mencegah aktivitas ilegal yang merugikan negara, seperti aktivitas penyelundupan dan lainnya.

“Untuk tetap menerapkan protokol kesehatan pos-pos Satgas terus menggiatkan patroli keamanan diwilayah perbatasan, guna mencegah aktivitas ilegal yang memanfaatkan situasi ditengah pandemi Covid-19 saat ini,” jelasnya, dikutip dari keterangan tertulis, Jumat malam, 5 Juni 2020.

Salah satunya yang dilaksanakan oleh personel Pos Komando Taktis (Kotis) yang dipimpin Sertu Hadi Prayitno di sekitar pos dekat perbatasan RI-PNG, Distrik Eligobel, Kamis (4/6/2020) pagi.

Selain patroli keamanan, TNI juga menggelar bakti sosial untu meringankan beban masyarakat akibat dampak Covid-19 melalui pemberian sembako yang dilaksanakan oleh pos-pos jajaran Satgas Pamtas di wilayah binaan.

2 dari 3 halaman

TNI di Perbatasan Juga Bantu Warga Berkebun

Tak hanya berbagi sembako, Dansatgas menyampaikan bahwa pelayanan pengobatan keliling door to door, membantu berkebun juga menjadi konsentrasi Satgas Yonif MR 411/Pdw Kostrad sebagai wujud memberikan pelayanan kesehatan dan menjaga ketahanan pangan di perbatasan RI-PNG.

“Satgas terus mencermati perkembangan lingkungan strategis serta menyiapkan antisipasinya, diantaranya mewaspadai aksi-aksi ilegal, turut memastikan kesehatan warga dan menjaga ketahanan pangan,” ucap Dansatgas.

Pasi Ops Satgas Lettu Inf Kerti Dharma Sugita mengatakan, menjelang purna tugas dengan adanya pandemi Covid-19 ini, seluruh jajaran Pos Satgas Yonif MR 411/Pdw Kostrad terus menggiatkan patroli keamananan dan kegiatan sosial di wilayah binaannya masing-masing.

“Hingga saat ini tidak ditemukan adanya kegiatan ilegal di wilayah perbatasan yang menjadi tanggung jawab Satgas, selain itu kegiatan bakti sosial juga selalu digiatkan sebagai wujud peduli sesama di tengah pandemi,” tutur Pasiops.

3 dari 3 halaman

Sima Video Pilihan Berikut Ini: