Sukses

Tangan Ajaib Remaja Lulusan Madrasah Ciptakan Pesawat Aeromodelling

Pesawat remote control itu bahkan punya daya jelajah hingga 1,5 kilometer dengan lama terbang mencapai 30 menit.

Liputan6.com, Lampung - Keren sekali apa yang dilakukan Firman Fahrudin, pemuda 18 tahun, warga Desa Bandar Agung, Kecamatan Bandar Sribhawono, Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung. Dirinya mampu menciptakan pesawat remote control atau aeromodelling bertenaga listrik. Bahkan pesawat itu bisa terbang hingga 1,5 kilometer dengan lama terbang mencapai 30 menit.

Firman Fahrudin, Kamis (5/6/2020) mengatakan, model pesawat mainan remote control buatannya antara lain Cessna, 3d, jet atau pesawat tempur, Boeing 737 Garuda Indonesia, dan Sky Surfer.

"Mulai buat sudah lama, saya mulai buatnya tahun 2015, sempat berhenti dua tahun karena fokus sekolah," kata Firman Fahrudin yang baru lulus sekolah tahun ini dari Madrasah Aliyah (MA) Ma'arif NU 02 Sidorejo, Lampung Timur.

Firman Fahrudin mengungkapkan, bahan yang digunakan membuat pesawat remote control berupa gabus busa styrofoam, dan papan tripleks. Pesawat mainan pertama buatannya adalah model Sky Surfer.

Ia menyatakan bisa membuat pesawat mainan tersebut karena belajar dari internet.

"Saya tidak ada guru, ilmu yang saya dapat dari internet, dari Youtube," ujar Firman yang bercita-cita menjadi seorang arsitek.

Firman saat dijumpai mengajak menyaksikan demo pesawat aeromodelling buatannya di lapangan.

Pesawat mainan dengan remote control bertenaga baterai listrik model sky surfer buatan Firman mampu lepas landas dengan sempurna, terbang tinggi berputar-putar di atas lapangan dan mendarat dengan baik.

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.