Sukses

Jemaah Tarekat Naqsabandiyah di Sumut Sudah Rayakan Idul Fitri Hari Ini

Jemaah Tarekat Naqsabandiyah Al-Kholidiyah Jalaliyah di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) sudah merayakan Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah pada hari ini, Jumat, 22 Mei 2020.

Liputan6.com, Medan Jemaah Tarekat Naqsabandiyah Al-Kholidiyah Jalaliyah di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) sudah merayakan Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah pada hari ini, Jumat, 22 Mei 2020.

Seorang jemaah Tarekat Naqsabandiyah, Khairil Anwar mengatakan, pihaknya sudah menggelar Salat Idul Fitri yang dipusatkan di Pondok Pesantren Yayasan Dr Syekh Salman Daim, Bandar Tinggi, Simalungun.

"Kita sudah melaksanakan salat Idul Fitri, tadi pagi," kata Khairil, jemaah Tarekat Naqsabandiyah asal Mariendal, Kota Medan.

Diterangkan pria 41 tahun itu, Tarekat Naqsabandiyah Al Kholidiyah Jalaliyah menetapkan 1 Syawal 1441 Hijriah pada hari ini sesuai dengan hitungan Kalender Hisab Qamariyah.

Salat Idul Fitri jemaah Tarekat Naqsabandiyah Al-Kholidiyah Jalaliyah tahun ini digelar di majelis-majelis, setidaknya di dua pesantren tarekat. Selain di Simalungun, juga dilaksanakan di pondok pesantren yang ada di Kandis, Riau.

"Kalau yang di Cigombong, Bogor, saya kurang tahu," terangnya.

 

Saksikan juga video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pandemi COVID-19

Diungkapkan Khairil, pandemi COVID-19 yang sedang melanda Indonesia saat ini menjadi perhatian serius dalam Salat Idul Fitri. Para jemaah berdoa agar pandemi COVID-19 ini segera dapat diatasi.

Salat Idul Fitri diikuti oleh ratusan jemaah Tarekat Naqsabandiyah Al-Kholidiyah Jalaliyah dari berbagai daerah yang ada di Sumut. Setelah salat, para jemaah ziarah ke makam Tuan Guru Syekh Salman Daim.

"Lalu bersilaturahmi dengan keluarga Tuan Guru dan sesama jemaah," Khairil mengungkapkan.

Sebelumnya Tarekat Naqsabandiyah Al-Kholidiyah Jalaliyah menetapkan awal puasa Ramadan 1441 Hijrah pada Rabu, 22 April 2020. Pelaksanaan puasa dua hari lebih awal dari ketetapan pemerintah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.