Sukses

Wali Kota Manado Keluarkan Imbauan Berbelanja ke Warung, Mengapa?

Hal ini juga sebagai tindak lanjut dari Surat Gubernur Sulawesi Utara tentang imbauan untuk berbelanja di warung atau kios tetangga yang dikelola oleh UMKM.

Liputan6.com, Manado - Salah satu sektor yang terpukul akibat pandemi Covid-19 adalah ekonomi warga, termasuk mereka yang membuka usaha penjualan barang kebutuhan sehari-hari.

Untuk memperkuat ekonomi warga, Wali Kota Manado GS Vicky Lumentut mengeluarkan imbauan agar berbelanja di warung-warung atau kios milik warga.

"Warung atau kios tradisional yang dikelola oleh masyarakat perlu diberdayakan, agar tetap bertahan," ujar Lumentut.

Dia mengatakan, keberadaan warung atau kios itu menjadi tulang punggung ekonomi keluarga khususnya di masa pandemi Covid-19.

"Hal ini juga sebagai tindaklanjut dari Surat Gubernur Sulawesi Utara tentang imbauan untuk berbelanja di warung atau kios tetangga yang dikelola oleh UMKM," ujarnya.

Lumentut mengungkapkan, pandemi Covid-19 membawa dampak signifikan bagi seluruh kehidupan masyarakat, juga dirasakan para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Karena perputaran ekonominya sangat bergantung pada lalu-lintas barang, jasa dan manusia yang justru sedang mengalami masa keterbatasan pergerakan.

"Hal ini berakibat pada menurunnya produktivitas pada seluruh elemen usaha termasuki kegitan UMKM, di mana usahanya hampir tutup bahkan ada yang sudah tutup,” ujarnya.

Dalam surat imbauan itu, Lumentut mengajak masyarakat berbelanja kebutuhan sehari-hari di warung atau kios UMKM di lingkungan sekitar rumah masing-masing.

"Imbauan ini juga untuk seluruh ASN di lingkungan Pemkot Manado, kita perkuat ekonomi warga di tengah pandemi Covid-19," ujarnya.

Simak juga video pilihan berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.