Sukses

50 Warung Mitra Bukalapak Salurkan 10 Ribu Paket Sembako di Tengah Pandemi

Sebagai wujud nyata komitmen memberdayakan warung di tengah masa pandemi, Bukalapak sudah menyalurkan 10 ribu paket sembako.

Liputan6.com, Jakarta - Melalui program pilot penyaluran bantuan sosial (bansos), 50 Warung Mitra Bukalapak (MBL) penuhi kebutuhan pangan harian warga miskin di tengah pandemi.

Sebagai wujud nyata komitmen memberdayakan warung di tengah masa pandemi, Bukalapak sudah menyalurkan 10 ribu paket sembako.

Warung MBL sendiri dipilih sebagai titik distribusi bantuan dikarenakan oleh sejumlah faktor pendukung program pilot tersebut.

Adapun faktor itu, termasuk sumber daya yang cukup, penyedia antisipasi kebutuhan bahan pokok di masa pandemi, lokasi yang strategis di tengah pemukiman dan kesiapan infrastruktur digital melalui aplikasi MBL.

“Para penggerak ekonomi bangsa ini telah setia bersama kami melewati berbagai rintangan dan pencapaian, sehingga di waktu-waktu yang penuh tantangan seperti ini," ucap CEO Bukalapak, Rachmat Kaimuddin, dalam keterangan resminya, Sabtu (16/5/2020).

Ia menambahkan, "Bukalapak merasa berkewajiban untuk terus mendukung pelaku usaha mikro yang bisnisnya memang sangat terdampak oleh pandemi Covid-19, sambil membantu memenuhi kebutuhan pokok warga yang membutuhkan.”

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Disambut Baik Juragan Warung MBL

CEO Bukalapak Rachmat Kaimuddin berkunjung ke salah satu lokasi warung MBL di Kelurahan Bintaro, Kecamatan Pesanggrahan, Jakarta Selatan. (Doc: Bukalapak)

Pada kesempatan yang sama, para ‘Juragan’ Warung MBL mengaku senang karena dapat berbagi rezeki dalam situasi pandemi ini.

Hal tersebut diungkap oleh, Yanto, salah satu pemilik warung MBL. Ia mengaku, pandemi corona telah mengurangi pendapatannya hingga 40 persen.

“Tapi, saya tetap lebih kasihan lihat tetangga sekitar pada dirumahkan dan ga narik (ojol) lagi,” ungkapnya.

"Awal bulan puasa saya sama beberapa teman MBL udah nyalurin sembako juga ke sekitar. Ada yang dari kantong sendiri, atau dari keluarga dan tetangga yang mampu. Syukur ini Bukalapak juga ngasih. Ngebantu banget."

 

3 dari 4 halaman

Putus Penyebaran Covid-19

Lebih lanjut, para Juragan Warung MBL juga telah melakukan berbagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

Diantara upaya tersebut adalah disiplin menggunakan masker, menyediakan tempat cuci tangan, menyediakan hand sanitizer, serta melakukan layanan antar ke rumah pelanggan warung.

Paket Sembako yang berisi 5 kg beras, 1 liter minyak goreng, 1 kg gula dan 1 kg tepung bisa didapatkan oleh para MBL yang tergabung di program pilot ini.

Sembako kemudian diantar ke masing-masing warung dan dibagikan secara gratis kepada warga miskin di sekitar warung.

 

4 dari 4 halaman

Dukung Pelaku Usaha Mikro

Melalui mekanisme ini, Bukalapak bermaksud membantu pemerintah memberikan dukungan kepada pelaku usaha mikro, sekaligus menyalurkan bantuan sembako secara tepat sasaran.

Sebelumnya, Bukalapak juga telah menyerahkan 10 ribu paket sembako kepada Kementerian Sosial, yang diterima langsung oleh Menteri Sosial RI pada akhir April lalu.

“Ini adalah pilot project yang kami pastikan mekanisme dan hasilnya memenuhi harapan. Kami ingin MBL menjadi aktor yang berperan meneruskan bantuan dan semakin membawa dampak positif bagi masyarakat sekitar, terutama dalam situasi pandemi ini,” pungkas Rachmat.

(Ysl/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.