Sukses

Lebaran Tinggal Menghitung Hari, Kasus Positif COVID-19 di Sumut Terus Meningkat

Liputan6.com, Medan Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah atau Lebaran 2020 tinggal menghitung hari. Umat muslim bersuka cita menyambut hari kemenangan meski berada di dalam kondisi pandemi virus Corona COVID-19. Di Sumatera Utara (Sumut) kasus positif terus meningkat.

Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Sumut, Whiko Irwan mengatakan, masyarakat diminta tetap memberikan perhatian pada protokol kesehatan COVID-19 dalam menyambut Lebaran.

"Apalagi peningkatan kasus positif di Sumut masih terus terjadi, hingga Rabu, 20 Mei 2020, ada 15 pasien positif yang bertambah," kata Whiko, Kamis (21/5/2020).

Dijelaskan Whiko, hingga saat ini total kasus positif COVID-19 di Sumut menjadi 250 orang. Sedangkan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 195 orang, sembuh 74 orang, dan meninggal dunia 30 orang.

"Apresiasi kita sampaikan kepada masyarakat yang hingga saat ini senantiasa menjalankan protokol kesehatan," ujarnya.

Diingatkan Whiko, kepada yang belum mematuhi protokol kesehatan terkait COVID-19, diminta untuk menunjukkan sikap kooperatif. Selain membahayakan diri sendiri, tidak patuh pada protokol kesehatan juga akan menjadikan orang lain berimbas.

"Saat Lebaran nanti, jaga diri dengan mengikuti protokol kesehatan," sebutnya.

 

2 dari 3 halaman

Berdamai dengan COVID-19

Diungkapkan Whiko, sampai saat ini Badan Kesehatan Dunia atau WHO telah menyatakan bahwa tidak ada yang tahu sampai kapan COVID-19 berakhir.

"Istilah dari Pemerintah Pusat, sudah saatnya kita berdamai dengan COVID-19," ungkapnya.

Walau disarankan berdamai dengan COVID-19, bukan berarti menyerah. Tetapi tetap melakukan penyesuaian-penyesuaian gaya hidup yang dapat meminimalisir diri terpapar dari COVID-19.

Sementara itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut telah mulai melakukan pendistribusian Jaring Pengaman Sosial (JPS) kepada masyarakat terkait dampak pandemi virus Corona COVID-19.

Beberapa di antaranya yang sudah menerima yakni Deliserdang, Batubara, Serdangbedagai, Karo, Pakpak Bharat, Langkat, Tebingtinggi dan sejumlah daerah lainnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan juga video pilihan berikut: