Sukses

Ayah Pulang dari Gowa, Satu Keluarga Positif Covid-19

Seorang pelaku perjalanan dari Gowa terkonfirmasi Covid-19 yang kemudian menularkan ke istri dan dua anaknya.

Liputan6.com, Paser - Sebanyak tujuh pasien di Kabupaten Paser, Kalimantan Timur dinyatakan positif Covid-19. Seluruhnya merupakan bagian dari klaster ijtimak Gowa.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Paser Amir Faisol menjelaskan, lima pasien yang terkonfirmasi merupakan penularan lokal. Bahkan ada yang satu keluarga tertular.

"Pasien yang kita sebut PSR 8, adalah istri dari PSR 3 yang mempunyai riwayat perjalanan dari ijtimak Gowa," kata Amir Faisol dalam konferensi pers daring, Minggu (3/5/2020).

Selain itu, tambah Amir, dua anaknya yang masing-masing berusia 21 dan 18 tahun juga terkonfirmasi positif. Keduanya tertular karena punya kontak erat dan sang ayah.

"PSR 9 dan PSR 10 adalah anak dari PSR 3 dan tinggal di Kecamatan Long Kali," tambahya.

Kasus penularan lokal lainnya yang terkonfirmasi positif adalah seorang perempuan yang tinggal di Kecamatan Long Kali. Pasien ini tertular dari suaminya yang merupakan pelaku perjalanan dari Gowa.

"PSR 11 adalah istri dari PSR 6. Sebagaimana kita ketahui PSR 6 adalah salah satu pelaku perjalanan dari ijtimak gowa," katanya.

Kasus lainnya, sebut Amir, seorang suami baru dinyatakan terkonfirmasi positif yang juga merupakan pelaku perjalanan dari Gowa. Sedangkan istrinya lebih dulu ditetapkan terkonfirmasi positif.

"Pasien positif ini rata-rata adalah ODP yang kita isolasi di tempat tertentu sejak tanggal 12 april 2020. Kondisinya stabil dalam arti tidak ada keluhan karena sudah diisolasi sejak tiga pekan yang lalu," paparnya.

Sedangkan dua pasien terkonfirmasi positif lainnya merupakan pelaku perjalanan dari Gowa. Keduanya masing-masing tinggal di Kecamatan Tanjung Harapan dan Kecamatan Paser Belengkong.

"Hari ini kita menerima pasien terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak tujuh orang, sehingga total sebanyak 13 orang," kata Amir.

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Simak juga video pilihan berikut :

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.