Sukses

Lab Uji Sampel Beroperasi, Penanganan Covid-19 di Sulut Lebih Efektif

Direncanakan pada, Jumat (01/05/2020), lab yang berada di Kecamatan Mapanget Manado ini segera beroperasi.

Liputan6.com, Manado - Upaya penanganan pandemi Covid-19 di Sulut akan lebih efektif dengan hadirnya Laboratorium (Lab) Covid-19 di Manado. Direncanakan pada, Jumat (01/05/2020), lab yang berada di Kecamatan Mapanget Manado ini segera beroperasi. 

“Terkonfirmasi dari koordinator laboratorium Balai Teknik Kesehatan Lingkungan Pencegahan Penyakit atau BTKLPP bahwa semua alat sudah ter-setting di dalam ruangan,” ungkap Jubir Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Sulut dr Steaven Dandel, Selasa (28/04/2020).

Dandel mengatakan, Kamis (30/04/2020) besok, akan dilaksanakan dummy sample dan mulai 1 Mei dilaksanakan pemeriksaan Covid-19.

"Walaupun hari libur, tetapi kita akan mulai melaksanakan pemeriksaan real time PCR Covid-19," ujarnya.

Dia menambahkan selain Lab di BTKLPP tersebut, lab yang akan menguji sampel Covid-19 juga berada di RSUP Prof Kandou Manado.

“Jadi di Sulut kita punya dua lab yang akan menguji sampel, kita harapkan ini akan lebih mengefektifkan kerja penanganan pandemi Covid-19,” ujarnya.

Terkait beroperasinya Lab Covid-19 di RSUP Kandou Manado, Dandel mengatakan, masih menunggu reagen atau pereaksi kimia yang sedang dalam pengiriman.

“Jika sudah tiba, akan segera beroperasi seperti di BTKLPP,” tandasnya.

Diberitakan sebelumnya lab mestinya sudah beroperasi sejak April silam. Namun terkendala reagen yang harus didatangkan dari luar negeri.

Dandel mengatakan, tidak adanya cairan kimia tersebut merupakan kendala yang sulit dipecahkan, karena stoknya di Indonesia sudah habis dan harus didatangkan dari luar negeri.

“Tapi kita bersyukur, sudah ada. Dan sekarang lab Covid-19 siap beroperasi,” ujarnya.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Simak juga video pilihan berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.