Sukses

Stagnan 4 Hari, Kasus Positif Covid-19 di Sulut Langsung Melonjak 12 Pasien

Setelah sempat tertahan selama 4 hari, jumlah pasien positif Covid-19 di Sulut melonjak menjadi 32 orang.

Liputan6.com, Manado - Setelah sempat tertahan selama 4 hari, jumlah pasien positif Covid-19 di Sulut melonjak menjadi 32 orang. Ini berarti terjadi penambahan sebanyak 12 pasien pada, Kamis (23/04/2020).

“Jadi untuk total pasien positif Covid-19 di Sulut sudah 32 orang,” ungkap Jubir Gugus Tugas Covid-19 Sulut dr Steaven Dandel, Kamis malam, 23 April 2020.

Dia mengatakan, meski di website nasional masih tertulis 31 kasus, tetapi data laboratorium untuk pasien kasus 32 sudah keluar. Pihaknya kemudian minta izin ke Satgas Pusat untuk menginformasikan pasien ke-32 ini.

“Apalagi terkait dengan 5 pasien lainnya yang merupakan Klaster Gowa,” ujarnya.

Dandel mengungkapkan, dari 12 pasien baru tersebut ada 3 orang yang merupakan peserta yang mengikuti kegiatan di Gowa, Sulsel.

“Sedangkan 3 lagi merupakan anggota keluarga yang memiliki kontak erat risiko tinggi dengan 3 pasien dari Gowa tersebut,” ujarnya.

Untuk 6 pasien lainnya, 5 juga merupakan kontak erat resiko tinggi dari pasien-pasien sebelumnya, dan 1 merupakan pasien dengan riwayat perjalanan dari Jakarta.

“Mereka dirawat di rumah sakit yang ada di Manado, Kotamobagu, Tomohon, dan Tahuna,” ujarnya.

Di tengah melonjaknya jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 12 orang, terselip kabar baik. Satu pasien yang sebelumnya positif Covid-19 dan dirawat di rumah sakit sudah dinyatakan sembuh.

"Ada kabar baik yaitu satu pasien dinyatakan sembuh," ungkap Dandel.

Dandel mengatakan, pasien yang sembuh ini dengan kasus nomor 14 asal Minahasa. Sebelumnya, pasien itu melakukan perjalanan dari Jakarta.

“Setelah dirawat di rumah sakit, dan menjalani empat kali swab, akhirnya dinyatakan sembuh,” ujarnya.

Dari jumlah 32 kasus pasien positif Covid-19 di Sulut ini, sudah 6 orang dinyatakan sembuh, 3 meninggal dunia, dan 23 masih dirawat di rumah sakit.

Simak juga video pilihan berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.