Sukses

10.350 APD Disalurkan ke RS Rujukan Covid-19 di Sulut

Hingga Minggu, 19 April 2020, tercatat sudah 10.350 APD yang disebarkan ke Rumah Sakit Rujukan dan Rumah Singgah Covid-19, serta Dinas Kesehatan Kabupaten dan Kota di Sulut.

Liputan6.com, Manado - Salah satu aspek penting dalam pencegahan dan penanganan Covid-19 adalah tersedianya Alat Pelindung Diri (APD) dan masker khususnya untuk untuk tenaga medis.

Hingga Minggu, 19 April 2020, tercatat sudah 10.350 APD yang disebarkan ke Rumah Sakit Rujukan dan Rumah Singgah Covid-19, serta Dinas Kesehatan Kabupaten dan Kota di Sulut.

"Ribuan APD itu digunakan untuk para tenaga medis di rumah sakit dan rumah singgah," ujar Jubir Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Sulut dr Steaven Dandel.

Dandel mengatakan, APD itu juga dipakai untuk proses pemakaman jenazah Pasien Dalam Pengawasan (PDP), maupun jenasah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 sesuai dengan protokol Kemenkes RI.

"Kita sudah salurkan secara bertahap bantuan APD tersebut, karena menjadi kebutuhan penting bagi tenaga medis, ujarnya.

Pesawat TNI AU Kembali Angkut APD ke Manado

Pesawat milik TNI Angkatan Udara mendistribusikan bantuan APD sebanyak 60 koli sejumlah 3.000 set dari Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 pusat yang diserahkan kepada Satgas Penanggulangan Covid-19 Provinsi Sulawesi Utara, Sabtu, 18 April 2020.

Pesawat Boeing 737 dengan tail number A-7305 dari Skadron Udara 17 Wing Udara 1 Lanud Halim Perdanakusuma, yang diawaki oleh pilot in command Mayor Pnb Rezha Wibowo tiba di Bandara Sam Ratulangi pukul 14:56 Wita.

Komandan Lanud Sam Ratulangi Kolonel Pnb Johnny Sumaryana bersama jajaran Forkopimda Sulut menyambut kedatangan APD untuk percepatan penanganan Virus Corona tersebut.

"Setelah kami terima secara resmi, langsung kami serahkan kepada Dinas Kesehatan Provinsi Sulut untuk disalurkan," ujar Sumaryana.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulut dr Debbie Kalalo menerima bantuan itu sekaligus menyampaikan terima kasih kepada TNI AU yang sudah memfasilitasi pengiriman APD tersebut.

"APD ini langsung kami serahkan ke rumah sakit, rumah singgah, dan puskesmas kabupaten maupun Kota di wilayah Sulawesi Utara," ujar Kalalo.

Simak juga video pilihan berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • APD

  • Sulut