Sukses

Butuh Bantuan Pemakaman Pasien Corona Covid-19 di Yogyakarta, Hubungi Nomor Ini

Aparat kepolisian dalam jajaran Polda DIY berjanji membantu pemakaman pasien Corona Covid-19.

Liputan6.com, Yogyakarta - Beban kerja tenaga medis yang berat selama pandemi Corona Covid-19 membuat berbagai pihak ikut berloma-lomba meringankan. Salah satunya, aparat kepolisian dalam jajaran Polda DIY yang berjanji membantu pemakaman pasien Corona Covid-19.

"Tenaga medis besar beban kerjanya dari merawat sampai mengurus pemakaman, maka Polri akan turut membantu proses pemakaman pasien Corona Covid-19," ujar Kombes Pol Yulianto, Kabid Humas Polda DIY, Rabu (15/4/2020).

Anggota Polri yang terlibat dalam Operasi Aman Nusa II termasuk para pejabatnya mengikuti simulasi pemulasaraan. Simulasi yang digelar Polda DIY ini mengikuti prosedur dari Kementerian Kesehatan serta Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Simulasi dimulai dari penanganan pasien meninggal diduga Corona Covid-19 yang ditemukan bukan di rumah sakit, sehingga diperlukan olah tempat kejadian perkara (TKP) dengan menggunakan standar kesehatan. Personel yang melaksanakan olah TKP juga menggunakan alat pelindung diri (APD) lengkap.

Tahap selanjutnya, pemakaman pasien Corona Covid-19. Anggota Polri yang akan melaksanakan pemakaman juga dilengkapi dengan APD lengkap, cara mengangkat peti, menurunkan peti sampai dengan mengubur.

Apabila ada masyarakat di Yogyakarta yang membutuhkan bantuan pemakaman pasien Corona Covid-19 bisa menghubungi Polres terdekat atau nomor WhatsApp 08981879886.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.