Sukses

Warga Medan Tutup Sejumlah Ruas Jalan untuk Cegah Corona COVID-19

Liputan6.com, Medan Di tengah pandemi virus Corona COVID-19, berbagai langkah pencegahan agar tidak terinfeksi terus dilakukan berbagai pihak. Salah satunya dilakukan oleh warga di Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut).

Untuk mencegah penyebaran virus Corona COVID-19, warga di Kelurahan Pasar Merah Barat, Kecamatan Medan Kota, menutup sejumlah ruas jalan. Penutupan dilakukan warga selama 2 minggu atau 14 hari ke depan.

Lurah Pasar Merah Barat, Rio mengatakan, penutupan jalan dilakukan setelah diadakannya rapat pada Rabu, 1 April 2020. Rapat melibatkan warga Kelurahan Pasar Merah Barat, Polmas, Babhinsa, tokoh agama dan lainnya.

"Penutupan jalan berdasarkan inisiatif warga bersama pihak kelurahan. Istilahnya, mengisolasi wilayah kita agar tidak banyak orang yang masuk," katanya, Senin (6/4/2020).

Jalan yang disepakati ditutup adalah kawasan Jalan Catur, simpang Jalan Gedung Arca dan Jalan Catur. Simpang Jalan Senam ditutup sepenuhnya, dan Jalan Pencak, simpang Jalan Gedung Arca, ditutup dari pukul 10.00 WIB hingga 06.00 WIB.

Kemudian Jalan Pencak, simpang Jalan Senam, ditutup dari pukul 17.00 WIB hingga 06.00 WIB. Selanjutnya, Jalan Pajak, yang berada di samping kantor kelurahan, tidak ada penutupan jalan.

"Untuk Jalan Senam awalnya mau ditutup total. Namun ada juga yang jualan, kita ambil win-win solution. Kita tutup dari jam 5 sore sampe jam 6 pagi," ujarnya.

Penutupan jalan dilakukan juga untuk mengindahkan perintah dan anjuran dari pemerintah dalam upaya pencegahan penyebaran virus Corona COVID-19. Tidak sedikit warga yang merasa terkejut dengan penutupan jalan.

"Tapi, warga setuju. Pemberitahuan disampaikan melalui portal. Kepala lingkungan juga sudah disampaikan. Intinya, untuk kebaikan bersama," Rio menandaskan.

2 dari 2 halaman

Saksikan juga video pilihan berikut: