Sukses

Masyarakat Diimbau Jaga Kebersihan dan Kesehatan, COVID-19 Bisa Disembuhkan

Seorang pasien positif virus Corona COVID-19 di Sumatera Utara (Sumut) telah dinyatakan sembuh usai menjalani isolasi dan perawatan di salah satu rumah sakit. Kabar ini menjadi bukti walaupun berbahaya, COVID-19 merupakan penyakit yang dapat disembuhkan.

Liputan6.com, Medan Seorang pasien positif virus Corona COVID-19 di Sumatera Utara (Sumut) telah dinyatakan sembuh usai menjalani isolasi dan perawatan di salah satu rumah sakit. Kabar ini menjadi bukti walaupun berbahaya, COVID-19 merupakan penyakit yang dapat disembuhkan.

Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Sumut, Whiko Irwan mengimbau kepada masyarakat Sumut untuk tidak khawatir dengan tetap menjaga kesehatan, kebersihan, dan melaksanakan protokol pencegahan COVID-19.

"Tetap tinggal di rumah bersama keluarga, tidak bepergian ke tempat keramaian, menjaga jarak dengan sesama, membiasakan cuci tangan dengan sabun dan air bersih, serta biasakan menggunakan masker," pesan Whiko, Minggu (5/4/2020).

Whiko juga menyampaikan perkembangan terkait ketersediaan APD dan Rapid Test. Pada Sabtu, 4 April 2020, Dinas Kesehatan Provinsi Sumut telah menerima kiriman 7.000 APD dan 35.000 masker dari pusat yang dibawa menggunakan pesawat Boeing TNI Angkatan Udara di Lanud Soewondo, Kota Medan.

Selanjutnya akan didistribusikan ke rumah sakit yang merawat pasien terkait virus Corona COVID-19 di wilayah Sumut. Sedangkan untuk rapid test telah didatangkan sebanyak 10.800, sekitar 4.000 lebih telah didistribusikan ke rumah sakit rujukan yang menangani COVID-19.

"Tenaga medis sebagai orang-orang yang memiliki risiko tinggi penularan COVID-19 akan diprioritaskan untuk dites menggunakan rapid test, begitu pula dengan alokasi APD saat ini," jelas Whiko.

 

Saksikan juga video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jaga Daya Tahan Tubuh

Masyarakat juga diingatkan untuk menjaga daya tahan tubuh untuk cegah penularan virus Corona COVID-19. Adapun orang-orang yang rentan dan memiliki daya tahan tubuh lemah, yaitu orang-orang yang lanjut usia, penderita sakit kronis, penderita kanker lanjut, orang-orang dengan penyakit auto imun dan orang-orang yang mengonsumsi obat kortikosteroid dalam jangka panjang.

"Daya tahan tubuh pun bersifat dinamis. Mari bahu-membahu melakukan berbagai upaya pencegahan penularan virus. Salah satunya tidak mudik untuk memutus rantai penularan COVID-19," Whiku menandaskan.

Adapun update data terkini tentang kasus virus Corona COVID-19 dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Sumut pada hari ini sampai pukul 17.00 WIB yaitu sembuh sebanyak 1 orang, PDP 122 orang dan Positif 56 orang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.