Sukses

Bertambah Lagi, 8 Positif COVID-19 Tersebar di Timika dan Kota Jayapura

Liputan6.com, Jayapura - Papua masuk 10 besar dalam penyebaran pasien positif COVID-19 di Indonesia.  Hari ini saja, Papua menyumbang 8 pasien positif COVID-19, sehingga total pasien positif COVID-19 menjadi 26 orang.  8 temuan kasus positif COVID-19 tersebar di Timika dengan 5 kasus dan 3 lainnya di Kota Jayapura. 

Juru Bicara Satgas COVID-19 Papua, dokter Silwanus Sumule menyebutkan pasien positif COVID-19 dalam perawatan berjumlah 19 orang. Sedangkan 5 orang telah dinyatakan sembuh dan 2 orang meninggal dunia.

“Total keseluruhan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) ada 45 orang dan 5.852 Orang Dalam Pemantauan (ODP). Pasien yang kami rawat rata-rata sakit sedang, ringan hingga sakit berat. Dua pasien yang mengalami sakit berat sudah menggunakan bantuan pernapasan,” katanya, Minggu (5/4/2020).

Kata Silwanus, hari ini ada 4 kabupaten yang menjadi perhatian penuh dalam pencegahan Corona COVID-19 yakni di Kabupaten Timika, Merauke, Jayapura dan Kota Jayapura. 

“Kami tetap meminta doanya untuk kesembuhan pasien corona COVID-19 di Papua, termasuk bagi petugas kesehatan yang berjuang memberikan pelayanan terbaik kepada pasien,” ujarnya.

Lanjut Sumule termasuk bantuan doa untuk tim surveilans yang melakukan kontak tracing dan pendampingan dengan ribuan ODP hingga hari ini.

“Tercatat 540 ODP yang sudah dikeluarkan dari daftarnya. ODP ini dinyatakan sembuh dan kondisinya sehat. Semoga APD yang mereka pakai saat kontak, bisa aman dan mereka tidak terpapar,” pesan Sumule.

Silwanus tetap optimisme  bahwa Papua dapat menang terhadap peperangan terhadap pandemi corona. Optimisme ini melihat dari masyarakat Papua sebagai garda terdepan mulai mengikuti anjuran pemerintah dalam pencegahan corona COVID-19.

“Kami melihat sudah ada kepatuhan masyarakat Papua untuk mendengarkan himbauan pemerintah, terutama dalam menjaga jarak atau social distancing dan tetap berada di rumah,” jelasnya.

Sebelumnya, Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus  Corona, Achmad Yurianto menyebutkan Papua berada di urutan 10 dengan 26 kasus positif. Sementara provinsi dengan kasus terbanyak ialah DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Banten, Jawa Tengah,  Sulawesi Selatan, Bali, Yogyakarta dan Kalimantan Timur.

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Simak video pilihan berikut ini: