Sukses

11 Pasien PDP Negatif Covid-19 di Merauke Boleh Pulang

Liputan6.com, Jayapura – Kabar gembira datang dari Kabupaten Merauke. Kabupaten yang terletak di ujung Indonesia itu, telah memulangkan 11 pasien dalam pengawasan (PDP) yang sebelumnya diisolasi RSUD Merauke.

Hari ini, 6 orang PDP telah diizinkan pulang ke rumah masing-masing. Ke-6 orang ini adalah pasien nomor 1, 2 dan 3 yang sebelumnya dinyatakan positif corona covid-19 dan telah dilakukan test di laboratorium beberapa kali hasilnya negatif.

Lalu 3 orang pasien lainnya adalah pasien nomor 9,10, dan 11 yang merupakan pasien PDP namun setelah dilakukan test swab dua kali hasilnya tetap negatif corona covid-19.

“Ke-6 orang pasien yang sebelumnya PDP ini dalam keadaan stabil dan sehat. Kami bersyukur, mereka sudah bisa pulang. Tapi kami tetap mengawasi kesehatannya,” jelas Juru Bicara Penanganan Covid 19 Kabupaten Merauke, Nevile Mustika dalam keterangan pers, Rabu (1/4/2020) di Merauke.

Sebelumnya kata Nevile, pada Selasa (31/3/2020) pasien PDP nomor 4, 5, 6, 7, dan 8 memiliki hasil swab dua kali dan dinyatakan negatif. Empat dari 5 pasien ini telah pulang ke rumah masing-masing.

“Hanya saja, pasien nomor 5 masih dalam perawatan karena trombosit masih rendah. Namun pasien nomor 5 sudah dipindahkan dari ruang isolasi ke ruang perawatan biasa. Kondisi pasien  hari ini stabil,” ujarnya.

Nevile menyebutkan hingga kini pasien PDP yang masih dirawat di ruang isolasi RSUD Merauke tersisa 3 orang yakni pasien nomor 12, 13 dan 14  yang merupakan pasien baru masuk pada hari Senin dan Selasa kemarin.

“3 orang pasien PDP ini baru dan ketiganya masih menunggu konfirmasi laboratorium,” jelas Nevile.

Sementara pasien 13 dan 14 merupakan pasangan suami istri yang memiliki riwayat perjalanan dari Timika dan melakukan kontak dengan salah satu pasien PDP positif covid -19 di Bandung.

“Suami dari si ibu ini berumur 65 tahun dan memiliki penyakit bawaan diabetes dan jantung,” katanya.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

 

Simak video pilihan berikut ini: