Sukses

Dinkes DIY Telusuri Riwayat Kontak Balita Positif Virus Corona Covid-19

Liputan6.com, Yogyakarta - Dinas Kesehatan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) melakukan penelusuran (tracing) terhadap pasien balita berusia tiga tahun di RSUP Dr Sardjito, yang dinyatakan positif virus corona (Covid-19).

"Upaya ini dilakukan untuk mengetahui siapa saja yang menjalin kontak dengan balita tiga tahun tersebut. Hasil tracing menunjukkan, ada dua orang kontak erat pasien dalam pengawasan (PDP) di RSUP Dr Sardjito," ujar Berty Murtiningsih, juru bicara Pemprov DIY untuk Penanganan Covid-19, Senin (16/3/2020).

Kedua orang itu adalah orangtua balita. Mereka juga diisolasi dan masih menunggu hasil laboratorium untuk menentukan statusnya. Informasi yang dihimpun, balita dan kedua orangtuanya baru saja pulang dari Depok, tempat pertama ditemukannya kasus Covid-19 di Indonesia.

Sampai dengan saat ini, rumah sakit rujukan Covid-19 di DIY melaporkan masih ada tujuh orang PDP yang dirawat. Mereka terdiri dari satu pasien positif Covid-19, empat PDP masih dalam proses uji laboratorium, dan dua PDP yang hasil laboratoriumnya menunjukkan negatif virus corona Covid-19.

Rumah sakit rujukan untuk penanganan Covid-19 di DIY meliputi, RSUP Dr Sardjito, RS Panembahan Senopati Bantul, RSUD Wates, dan RSUD Kota Yogyakarta. 

2 dari 2 halaman

Simak juga video pilihan berikut ini: