Sukses

Membentengi Balita dari Virus Corona dengan Jamu Anak ala Jogja

Virus corona yang merebak di dunia termasuk Indonesia tentu membuat orang tua khawatir jika buah hati terkena penyakit tersebut. Jamu anak bisa dipilih untuk menjaga daya tahan tubuh anak salah satunya dengan jamu cekok.

Liputan6.com, Yogyakarta - Orang tua yang ingin anaknya sehat dan terbebas dari virus Corona bisa konsumsi jamu anak kombinasi antara jahe, temulawak, dan kunir alias kunyit. Joni Wijanarko, pengelola Jampi Asli, Yogyakarta mengatakan jika anak belum bisa minum sendiri maka perlu dicekok jamu tersebut.

"Kalau anak kecil dicekok, boleh dikatakan bisa terbebas dari virus corona. Sebab bahan-bahan di atas ada, kecuali jahe," katanya kepada Liputan6.com beberapa waktu lalu. 

Konsumsi jamu anak bisa membuat badan anak-anak sehat. Juga, menambah nafsu makan anak.

"Tapi kalau cekok untuk anak-anak. Kalau untuk dewasa, diramu saat itu juga dan diminum pakai gelas," ujarnya.

Dia bilang agar terhindar dari virus Corona masyarakat mesti menjaga kebersihan dan minum jamu. Jamu pun, bisa dibuat sendiri dengan bahan-bahan jahe, temulawak dan sereh.

"Minum jamu buatan sendiri juga bisa. Nggak perlu repot-repot ditumbuk, ada jahe, temulawak, sereh, dan kunir dicuci. Setelah bersih, diiris-iris, lalu digodog. Kalau udah dingin, diminum," dia menjelaskan.

Joni menjelaskan manfaat temulawak menambah nafsu makan dan jahé menghangatkan badan. Ia terbiasa merebus menggunakan pakai panci blirik atau panci yang tutupnya pakai kaca. 

"Tapi paling bagus dari tanah liat, tapi lama. 5 gelas air digodog atau direbus menjadi 3 gelas. Nanti airnya diminum tiga kali sehari," ucapnya, menjelaskan cara membuat jamur anak penangkal virus Corona.

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.