Sukses

Xpress Air Pilih Pindah ke Bandara Adi Soemarmo Ketimbang YIA Kulon Progo

Liputan6.com, Solo - Maskapai penerbangan Xpress Air memutuskan pindah ke Bandara Adi Soemarmo Solo daripada ke Bandara Yogyakarta Internasional Airport (YIA) Kulon Progo. Padahal, selama ini maskapai tersebut melayani penumpang jurusan luar Jawa dari Bandara Adisutjipto Yogyakarta.

Sales Marketing and Corporate Xpress Air, Irfan Setiawan mengatakan setelah semua penerbangan dari Bandara Adisutjipto Yogyakarta dipindah ke YIA Kulon Progo, Xpress Air justru memilih untuk pindah ke Bandara Adi Soemarmo, Solo. Solo dinilai memiliki potensi yang luar biasa untuk penumpang Xpress Air.

"Kita memang tidak ikut pindah ke YIA di Kulon Progo, tapi malah pindah ke Solo dan Semarang. Karena kita memandang Solo itu potensi yang cukup luar biasa," kata Irfan saat ditemui usai bersilaturahmi dengan Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo di Balai Kota Solo, Selasa, 18 Februari 2020.

Selanjutnya, Irfan mengungkapkan selain memiliki potensi yang menggiurkan, akses perjalanan menuju Bandara Adi Soemarmo juga didukung fasilitas yang cukup menunjang. Adapun fasilitas tersebut di antara akses jalan tol yang memiliki pintu keluar ke arah bandara serta kereta bandara.

"Terutama dengan akses jalan untuk ke bandara, apalagi ada kereta bandara yang stasiunnya terintegrasi dengan bandara. Padahal, di Cengkareng saja tidak ada seperti ini," ucapnya.

2 dari 2 halaman

Rute Penerbangan dari Solo

Irfan pun menambahkan dari pengalaman-pengalaman sebelumnya yang mengikuti perpindahan ke bandara baru tidak menunjukkan tren yang bagus. Alhasil, pihaknya pun memilih untuk pindah ke Bandara Adi Soemarmo.

"Kita ada alasan tersendiri kalau dari saya sih sales marketing-nya, jadi untuk perpindahan ke bandara awal atau baru itu sudah punya pengalaman dengan bandara-bandara baru sebelumnya. Daripada penumpangnya lari, kita akan siapkan untuk perpindahan lebih awal," jelasnya.

Kemudian, Irfan pun menyebutkan di Bandara Adi Soemarmo nanti jurusan penerbangan yang dilayani Xpress Air untuk tujuan luar Jawa, di antaranya Solo - Palembang, Solo - Samarinda dan Solo - Pontianak. Sedangkan ke depannya nanti akan dibuka rute penerbangan Solo - Lampung dan Solo - Banjarmasin.

"Xpress Air di Solo menggunakan armada Boeing 737 300 series dan Boeing 737 500 series dengan kapasitas 123 - 149 penumpang. Diharapkan penumpang yang biasanya terbang dari Yogya bisa pindah ke Solo," harapnya.

Penerbangan dari Bandara Adi Soemarmo ke sejumlah tujuan di luar Jawa rencananya baru akan dimulai pada akhir Maret. "Insya Allah bulan-bulan ini perizinan seperti izin rute dan semuanya sudah kita siapin semua," tuturnya.

 

Simak video pilihan berikut ini:

Loading