Sukses

Curug Kebo, Surga Tersembunyi di Pedalaman Lebak

Letak Curug Kebo berada di pelosok Kecamatan Gunung Kencana membuat keberadaan Curug Kebo belum terlalu banyak diketahui oleh para pegiat alam dan penyuka tantangan sehingga pengunjung yang datang kesini pun relatif masih sangat sedikit.

Liputan6.com, Serang - Kabupaten Lebak tidak hanya terkenal dengan wisata adat Baduynya saja. Beberapa destinasi menarik wajib kamu kunjungi, seperti curug. Terdapat cukup banyak destinasi wisata Curug di Lebak, namun baru sedikit yang telah dikenal maupun dikunjungi oleh para wisatawan.

"Curug yang relatif sering disebut dan sudah dikelola oleh pemerintah desa setempat di Lebak salah satunya Curug Kebo atau Curug Munding. Curug Munding merupakan salah satu dari sekian air terjun dengan kisah yang unik, konon menurut cerita rakyat yang tersebar, pernah ada munding (kerbau) yang loncat dari atas curug. Sejak itulah curug yang berada di Desa Cicaringin, Kecamatan Gunungkencana tersebut dikenal dengan Curug Munding," dikutip dari laman Dinas Pariwisata Kabupaten Lebak.

Air terjun di desa Cicaringin, kecamatan Gunungkencana ini belum banyak diketahui pegiat alam sehingga suasana di sekitar lokasi masih lumayan asri dan alami. Jadilah Curug Munding sebagai tempat yang sangat pas untuk istirahat sejenak dari kepenatan kerjaan di akhir pekan.

Menurut cerita yang beredar di masyarakat dan tentunya telah mereka terima dari para orang-orang tua terdahulu secara turun-temurun, Konon pada zaman dahulu ada seekor kerbau yang berjalan di atas curug itu dan kemudian kerbau tersebut terjatuh kedasarnya, Sejak saat itu Air Terjun tersebut dikenal dengan nama Curug Munding Hingga saat ini.

Letak Curug Munding berada di pelosok Kecamatan Gunung Kencana membuat keberadaan Curug Munding belum terlalu banyak diketahui oleh para pegiat alam dan penyuka tantangan sehingga pengunjung yang datang kesini pun relatif masih sangat sedikit.

Meski demikian, setidaknya hampir setiap akhir pekan selalu ada pengunjung baik dari daerah atau bahkan luar kota yang datang untuk menikmati ‘keperawanan’ curug yang satu ini.

Para pengunjung yang datang ke sini pastinya tidak akan menyesal meskipun harus berjalan cukup jauh menguras tenaga, karena semua perjuangan itu akan terbayarkan dengan pesona keindahan dan kealamian curug ini karena bisa membuat siapapun terpana ketika melihatnya.

Suara deburan air yang jatuh memecah kesunyian hutan di sekelilignya, dan hembusan angin yang datang membawa butiran air membelai tubuh yang lelah karena perjalanan, sungguh inilah salah satu bukti nyata keagungan Tuhan yang tak ternilai harganya.

Tidak hanya itu, di bawah Curug ini terdapat cekungan air yang membentuk seperti kolam sehingga para pengunjung juga bisa bermain air dan berenang sepuasnya sambil menikmati sensasi percikan-percikan air yang jatuh dari atas.

Selain itu pengunjung juga bisa melompat dan menceburkan diri ke air dari tepi-tepi bebatuan yang berada di bawah curug tersebut.

Namun harus tetap hati-hati, jangan sampai membahayakan diri sendiri dan pengunjung lainnya.

Belum ada rencana mau menghabiskan liburan ke mana?

Mungkin Curug Munding bisa menjadi alternatif liburan pilihan kamu di akhir pekan. (AMA/PNJ)

Simak Video Pilihan Berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.