Sukses

Solusi Masalah Papua Ala Mahfud MD

Liputan6.com, Jayapura - Menkopolhukam, Mahfud MD bertemu para tokoh Papua di Kota Jayapura. Pertemuan dilakukan dalam upaya mencari penyelesaian masalah di Papua.

Dalam pertemuan tersebut, Mahfud mengaku lebih dari 6 tahun baru kembali mengijakan kaki kembali ke Bumi Cenderawasih.

"Saya senang bertemu para tokoh Papua hari ini dan pendekatan yang dilakukan komperhensif dan humanis. Para tokoh sangat bersemangat dan ingin maju bersama," kata Mahfud di Jayapura, Sabtu (30/11/2019).

Menurut Mahfud MD, dalam pertemuan itu, rata-rata tokoh menyatakan keinginan penyelesaian Papua dilakukan dengan pembangunan ekonomi, sosial budaya, kultural dan lewat kesejahteraan.

"Termasuk ada juga yang minta penyelesaian HAM Papua dilakukan lewat Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasai (KKR). Seluruh Indonesia ada 12 kasus pelanggaran HAM yang sedang ditangani negara dan 2 diantaranya ada di Papua," ujarnya.

Selama ini pemberitaan yang dihadirkan di Papua hanya bersifat berita kekerasan saja. Nyatanya pertemuan dengan para tokoh di Papua hari ini bersemangat, untuk maju bersama.

"Inilah yang menjadi instruksi Presiden, termasuk dengan pemberitaannya tidak melulu pada berita kekerasan, sebab rakyat Papua juga inginkan kedamaian," ujarnya.

Mahfud menyebutkan pertemuan dengan para tokoh yang dilakukan hari ini, tidak ada istilah tokoh berseberangan atau tokoh yang seirama.

"Kalau untuk dialog dengan kelompok yang ada di hutan, bagaimana kita mau ke hutan? Ini kan semua juga ada wakilnya, para tokoh ini juga mewakili yang di daerah. Intinya semua akan kita perhatikan," kata Mahfud MD

Simak video pilihan berikut:

Loading
Artikel Selanjutnya
Mahfud Md: Jangan Melawan Kekuasaan dengan Mengatasnamakan Islam
Artikel Selanjutnya
Aksi Heroik TNI dan Warga Papua Ganti Bendera Bintang Kejora dengan Merah Putih