Sukses

Tatkala Kebakaran Merusak Ikon Padang Kota Tercinta

Liputan6.com, Padang - Tulisan "Padang Kota Tercinta" yang terletak di puncak Gunung Padang Kota Padang, Sumatra Barat (Sumbar) terbakar pada Sabtu pagi (30/11/2019) sekitar pukul 05.00 WIB.

Kebakaran itu pun langsung menjadi pusat perhatian warga Batang Harau. Seorang warga, Ujang (45) mengatakan, semula ia melihat api muncul dari huruf "P" sekitar pukul 05.00 WIB.

Kemudian api semakin membesar dan merambat ke huruf-huruf lainnya. Warga yang melihat kebakaran ini pun bergegas berupaya memadamkan api.

"Awalnya kami kira masyarakat membakar sampah di atas Gunung Padang itu. Tapi lama kelamaan api membesar dan membakar huruf "P", kami langsung ke lokasi di atas. Banyak warga yang membantu," katanya.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Padang, Hendrizal Azhar untuk menjinakkan api, enam unit armada Damkar dan satu unit armada Dinas Kehutanan Pemprov Sumbar.

"Tim sempat mengalami kesulian mencapai titik lokasi kebakaran," ucap dia.

Simak video pilihan berikut ini:

2 dari 2 halaman

'Padang Kota Tercinta' dan Ikon Hollywood

Petugas kesulitan mencapai titik lokasi lantaran anak tangga menanjak. Apalagi pasokan air tidak tersedia di atas Gunung Padang. Akhirnya api berhasil dijinakkan pada pukul 06.30 WIB.

“Api bisa dipadamkan setelah satu jam, dan pendinginan sekitar dua jam,” kata Hendrizal.

Diketahui, pembuatan "Padang Kota Tercinta" yang mirip dengan tagline-nya Hollywood di Amerika Serikat itu menghabiskan dana APBD sekitar Rp6.370.071.000.

Tercantum dalam nomor kontrak 044/Kon-BM/APBD/DPUPR/2017 tanggal 5 Juli 2017, dengan kontraktor pelaksana PT Prindos Jaya dan Konsultan pengawas CV Bina Citra Konsultan.

Akibat kebakaran, kini, tagline kebanggaan warga Kota Padang itu yang tersisa hanyalah tulisan "ANG". Informasi yang dihimpun konstruksi tagline berbahan baja berat mencapai tinggi 10 meter, dengan berat keseluruhan mencapai 40 ton.

Bagian depan dilapisi lembaran akrilik, bagian depan alu karbon, dan dipadang lampu LED dan lampu sorot.

Loading
Artikel Selanjutnya
Korban Tewas Kebakaran Pabrik Tas India Jadi 43, PM Modi Ucap Bela Sungkawa
Artikel Selanjutnya
Pabrik Tas Terbakar di India, 30 Orang Tewas