Sukses

Menyingkap Sosok Gaib Penunggu Bioskop Angker di Bogor

Liputan6.com, Bogor - Pada era orde baru, bioskop Atoom Theater cukup terkenal dari tiga bioskop yang ada di daerah Citeureup, Kabupaten Bogor.

Pada saat krisis moneter tahun 1998, dua bioskop yaitu Palapa dan Kolombia tutup. Tak lama bioskop Atoom Theater yang terletak di Jalan Pahlawan ini ikut gulung tikar.

Beberapa tahun kemudian, Bioskop Palapa dan Kolombia berganti menjadi pusat perbelanjaan. Sedangkan, bangunan bioskop Atoom Theater masih tetap kokoh berdiri hingga saat ini meskipun sudah 21 tahun dibiarkan terbengkalai.

Hampir di semua ruangan terlihat barang-barang berserakan, lantai tertutup debu. Beberapa peralatan seperti kursi penonton robek dan diselimuti debu, atap plafon dibiarkan berlubang bahkan banyak yang menggantung di langit-langit.

Sejak tidak beroperasi, cerita berbau mistis menyeruak di bekas bioskop yang dibangun sekitar tahun 1978. Kesan angker pun sudah mulai terasa di depan gedung bioskop yang memiliki dua studio ini.

Warga sekitar pun mengaku sering melihat penampakan makhluk halus di area bioskop itu, dari penampakan Noni Belanda, tuyul, kuntilanak, hingga wanita berkepala sengklek.

Salah satu cerita yang membuat bulu kuduk merinding, kerap terdengar suara teriakan wanita dari dalam bioskop. Tak hanya itu, penampakan sosok laki-laki tua berbadan bungkuk sering muncul berjalan di dinding dekat pos satpam mengarah ke toilet lalu menghilang menembus tembok.

Satpam Bioskop Atoom, Udi Rahmat menceritakan beberapa kejadian aneh dan nyata yang sering terjadi di tempat itu. Menurutnya, lokasi yang sering terlihat adanya penampakan makhluk tak kasat mata itu, yakni di samping dan belakang maupun duduk di bangku studio.

"Dengar suara perempuan nangis, pernah lihat juga kaya kuntilanak," kata pria yang sudah lima tahun bekerja sebagai petugas keamanan di gedung itu.

 

2 dari 2 halaman

Pengalaman Mistis

Haryanto, petugas keamanan lainnya menuturkan salah satunya yang menarik ialah saat tim pemburu hantu dari komunitas Fotografi Hantu Indonesia (FHI), bersama beberapa KASKUS Officer datang ke Bioskop Atoom Citeureup pada 2018 silam. Sekitar enam pemuda tiba pada malam hari berniat merekam video makhluk halus yang ada di bioskop ini.

"Setelah mereka masuk ke dalam ya mereka ngakunya ada yang denger suara wanita nangis, kakek-kakek jalan di tembok terus menghilang. Ada juga yang lihat perempuan lagi duduk di kursi bioskop," terang Haryanto.

Keyakinan warga mengenai keangkeran bioskop itu semakin menguat setelah paranormal Sara Wijayanto mendatangi bioskop untuk syuting di sana.

Tak hanya pengalaman dari Sara Wijayanto, tim uji nyali juga sempat mendatangi bioskop untuk melakukan syuting.

"Sempat beredar kabar dulunya ada yang aborsi di bioskop, itu keliru. Cerita sebenernya perempuan itu sedang nonton, setelah selesai dan lampu nyala dia lihat banyak darah keluar dari kemaluannya. Wanita itu langsung dibawa ke rumah sakit," kata dia.

Memang, kesan angker bangunan di dalam bekas Bioskop Atoom Theater tidak hanya pada malam hari. Bahkan, meski pada siang hari pun juga terlihat menyeramkan. Aroma mistis semakin terasa saat berada di dalam studio 1 dan 2 maupun toilet.

Tak ada aktivitas apa pun di bioskop yang sudah puluhan tahun berdiri, kecuali petugas satpam yang berjaga bergantian di samping gedung itu.

 

Simak video pilihan berikut ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
2 Pekerja Tewas, Proyek Double Track Bogor-Sukabumi Dievaluasi
Artikel Selanjutnya
Polisi Dalami Kasus Longsor di Area Proyek Double Track Kereta Api Sukabumi - Bogor