Sukses

Cerita Boneka Barbie yang Ditemukan Masih Utuh di Makam Bong Mojo Solo

Sejumlah makam di Bong Mojo Solo dibongkar, tanahnya akan dipakai Pemkot Solo untuk membangun RSUD Jebres.

Solo - Pembongkaran makam Bong Mojo Solo yang tanahnya akan dipakai Pemkot Solo untuk membangun RSUD Jebres menyisakan kisah misteri.

Sebuah makam berisi jenazah berbaju pengantin ditemukan telah menjadi tulang-belulang. Diperkirakan jenazah tersebut sudah berpuluh-puluh tahun. Namun di samping jenazah yang dibongkar itu ada boneka barbie yang masih utuh dan terlihat bersih.

Kasi Pemakaman Umum Bidang Kawasan Permukiman Disperum KPP Solo, Sawaras Budi mengatakan, pakaian yang membungkus tulang belulang jenazah itu masih utuh meskipun kotor. Pada kain yang diangkat tersebut terdapat corak-corak busana pakaian khas pengantin.

"Jadi itu kan kelihatan coraknya walaupun samar karena kotor. Tidak hanya bonekanya, tetapi jenazahnya juga mengenakan pakaian pengantin," katanya seperti dikutip Solopos, Jumat (25/10/2019).

Dirinya mengaku, saat mengangkat tulang belulang yang masih mengenakan busana pengantin itu para ahli waris yang sudah berumur tua langsung merinding, lantaran mengenang mendiang saat masih hidup.

Mereka mengingat boneka yang ikut dikuburkan merupakan benda kesayangan yang sering dibawanya ke mana-mana semasa hidup.

"Jadi saat pengangkatan itu orang yang sudah tua itu pada merinding. Bukan karena takut, tapi karena mereka langsung ingat benda dan pakaian yang digunakan. Mereka bilang 'eh itu kan boneka yang sering dibawa tacike pas masih hidup.' Dia sering bawa itu dulu," ungkap Sawaras mengulang perkataan para ahli ahli waris yang menyaksikan pembongkaran makam.

Relokasi jenazah di Makam Bong Mojo sisi timur, Jebres, Solo, dilakukan Pemkot Solo mulai Rabu setelah beberapa kali molor dari waktu yang dijadwalkan.

Salah satu ahli waris jenazah, Yonathan Kusliyanto, mengatakan dia menjadi ahli waris dari lima jenazah di Makam Mojo sisi timur. Masing-masing jenazah yang diangkat akan dia perlakukan berbeda.

"Nanti yang dua akan dikremasi, dua lagi dimakamkan di TPU Untoroloyo, dan satu lagi itu cucu saya akan dipindahkan makamnya sama saya sendiri di Delingan. Yang dimakamkan di sini itu dari generasi cucu saya hingga mbahnya mbah saya," katanya. 

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.