Sukses

Baru Dilantik, DPRD Kota Cirebon Minta Tambahan Fasilitas Kerja

Liputan6.com, Cirebon - Sebanyak 35 anggota DPRD Kota Cirebon terpilih periode 2019-2024 resmi dilantik. Prosesi seremonial acara pelantikan berlangsung khidmat dan lancar.

Sebagian besar anggota dewan Kota Cirebon yang dilantik merupakan petahana dari periode sebelumnya. Mereka pun tak canggung dalam mengikuti berbagai rangkaian acara pelantikan.

Bahkan, pimpinan sementara DPRD Kota Cirebon Ruri Tri Lesmana sempat meminta menambahkan fasilitas kerja.

"Ruang kerja yang kurang representatif mohon menjadi pertimbangan dalam mengoptimalkan jalannya roda pemerintahan," kata Ruri dalam sambutannya, Senin (12/8/2019).

Ruri mengaku selama ini kinerja anggota DPRD Kota Cirebon tidak maksimal lantaran minim fasilitas. Dia mengatakan, kurangnya fasilitas penunjang kinerja dewan merupakan bagian dari aspirasi para legislator periode 2014-2019 lalu.

Ruri mengklaim sebagian besar para legislator mengeluhkan tidak adanya ruang kerja fraksi partai. Padahal, kata dia, ruang kerja tersebut sangat penting untuk meningkatkan kinerja fraksi di DPRD Kota Cirebon.

"Selama ini kalau setiap rapat fraksi ya kita pakai ruangan komisi," kata dia.

Selain ruangan rapat, Ruri juga menyampaikan jumlah tenaga ahli PNS di DPRD Kota Cirebon masih kurang. Terutama tenaga ahli yang selalu mengawal dalam setiap gelaran rapat maupun sidang paripurna.

2 dari 2 halaman

Tanggapan Pemkot Cirebon

"Ini sifatnya hanya masukan saja ya karena saya membawa aspirasi dari anggota dewan yang lama. Tapi ya semoga saja terealisasi," kata dia.

Wakil Wali Kota Cirebon Eti Herawati mengatakan, harus ada sinkronisasi antara dua lembaga. Dia mengatakan, sinergi yang kuat antara DPRD dan Pemkot Cirebon dapat meningkatkan kinerja pemerintahan.

Dia mengaku tidak tahu perihal adanya keluhan anggota dewan terkait tidak memiliki ruang rapat fraksi. Namun demikian, dia memastikan tidak akan mempersulit kinerja dewan untuk masyarakat.

"Iya itu tinggal duduk bersama saja kita tidak bisa memberikan pernyataan dalam waktu dekat atau panjang permintaan dewan direalisasi," ujar dia.

Eti mengatakan, anggota DPRD Kota Cirebon diharapkan dapat memahami kondisi pemerintahan. Baik dari sisi kinerja maupun kebijakan yang dikeluarkan Pemkot Cirebon.

Saksikan video pilihan berikut ini: 

Loading
Artikel Selanjutnya
Makna Tersirat dalam Sajian Kuliner Nasi Jamblang Cirebon
Artikel Selanjutnya
4 Pesan Kemerdekaan Sultan Kasepuhan Cirebon dari Makkah