Sukses

Ke Inggris, Ridwan Kamil: Saya Coba Jualan Teh Jabar

Dalam kunjungannya, Kang Emil membawa berbagai produk teh PTPN VIII.

Liputan6.com, Jakarta Inggris menjadi salah satu negara penghasil teh terbaik di dunia. Ketika berada di Inggris untuk melakukan kunjungan kerja, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengunjungi kantor salah satu produsen teh Inggris, Finlays, Selasa (23/7). Selain melihat teh hasil produksi Finlays, Kang Emil, sapaan akrabnya memperlihatkan teh Jawa Barat.

"Saya datang ke sini (kantor Finlays) jadi marketing, mencoba jualan teh produk Jabar," katanya. Dalam kunjungannya, Emil membawa berbagai produk teh PTPN VIII, salah satunya white tea termahal di dunia yang berharga USD60 per kilogram.

Namun, dia mengatakan bahwa teh Jawa Barat belum bisa memikat masyarakat Eropa, khususnya Inggris. "Ternyata kenapa, karena katanya teh dari kita itu tidak pas saat dicampur susu. Habit mereka di sini kan, kalau minum teh pakai susu," ucapnya.

Situasi tersebut, kata Emil, menjadi pekerjaan rumah bagi produsen teh Indonesia, khususnya Jawa Barat, agar bisa memasok kebutuhan teh Benua Biru, termasuk Inggris. 

Setelah mengunjungi kantor Finlays, Emil melakukan pertemuan dengan 12 pengusaha yang tergabung dalam UK Asean Bussines Council. Dalam pertemuan itu, Emil menjelaskan potensi investasi di Jawa Barat.

"Pertumbuhan ekonomi Indonesia sedang tumbuh, khususnya Jabar pertumbuhannya tahun kemarin 5,6 persen lebih tinggi dari rata-rata nasional," katanya.

Emil juga memaparkan berbagai pembangunan infrastruktur yang tengah dibangun di JawaBarat, seperti Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung. "Kita juga tengah mengembangkan kawasan segitiga Rebana yang akan menjadi kawasan ekonomi khusus (KEK), yaitu Cirebon-Pelabuhan Patimban-Kertajati," ucapnya.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini