Sukses

Gempa Magnitudo 4,9 Guncang Bali Saat Hari Raya Galungan

Liputan6.com, Denpasar - Gempa bumi kembali mengguncang Bali. Gempa dilaporkan berkekuatan Magnitudo 4,9 terjadi pukul 08.29 Wita. Pusat gempa berlokasi di 8.98 LS,114.17 BT (84 km barat daya Jembrana, Bali) dengan kedalaman 71 kilometer. Gempa dirasakan di Kuta dengan skala IV MMI, Denpasar III MMI, Banyuwangi III MMI, Jember III MMI, Gianyar II MMI, Tabanan II MMI, Lombok Utara II MMI.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Bali, I Made Rentin kepada Liputan6.com, Rabu (24/7/2019) menuturkan, sampai saat ini belum ada laporan kerusakan.

"Kami sedang melakukan assesment ke semua daerah (kabupaten/kota se-Bali) untuk memastikan kondisi di masyarakat terkait dampak gempa yang baru saja terjadi," kata Rentin.

Laporan sementara yang diterimanya melalui radio komunikasi, situasi terpantau aman terkendali usai gempa Bali. "Aktivitas wisatawan terpantau ramai lancar. Aktivitas operasional bandara tetap normal. Kegiatan masyarakat yang melakukan aktivitas persembahyangan Hari Raya Suci Galungan tetap berjalan lancar," katanya.

BPBD Provinsi Bali mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap tenang, jangan resah apalagi panik. Ikuti arahan petugas dan hanya percaya dengan informasi resmi yang dikeluarkan oleh lembaga pemerintah dalam hal ini BPBD dengan BMKG.

"Jangan percaya berita hoaks," katanya. 

2 dari 2 halaman

Simak juga video pilihan berikut ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Kepala BMKG Minta Masyarakat Pandeglang Menjaga Alat Pendeteksi Gempa Bumi
Artikel Selanjutnya
Wanita dan Anak-Anak Pandeglang Semangat Ikut Simulasi Gempa