Sukses

Hujan Semalaman, Banjir Rendam 7 Lokasi di Kota Jayapura

Liputan6.com, Jayapura - Kota Jayapura terendam banjir. Data Badan Penaggulangan Bencana daerah (BPBD) Kota Jayapura menyebutkan terdapat 7 lokasi yang terendam banjir.

Ketujuh lokasi itu adalah Perumnas IV daerah Organda, Brimob Kotaraja, Jalan Baru, Pasar Baru, depan SMK 3 dan Otonom, SMA 4 Entrop, dan di depan CV Tomas.

Kepala BPBD Kota Jayapura, Bernard Lamia menyebutkan hujan sejak Minggu malam hingga berita ini diturunkan menyebabkan banjir mulai menyebar ke sejumlah lokasi lainnya.

"Sampai malam ini masih hujan, hingga menyebabkan kemacetan di sejumlah ruas jalan di wilayah Kota Jayapura," kata Lamia, Senin, 15 Juli 2019.

BPBD Kota Jayapura minta warga tetap waspada, terutama di permukiman padat penduduk yang berdekatan dengan Pasar Youtefa, karena saluran air tak mampu menahan derasnya arus air. "Bisa saja air meluap ke permukiman padat penduduk," jelasnya.

Kata Lamia, untuk mengatasi banjir agar tak terulang, sepanjang ruas Jalan Entrop yang menjadi langganan banjir akan ditinggikan dan dilebarkan jalannya.

Namun, pihaknya belum mengetahui sampai mana rencana ini dilakukan, sebab pelebaran jalan akan memakan lahan di samping kanan dan kiri bahu jalan yang saat ini sudah berdiri bangunan rumah warga atau bangunan lainnya.

"Jika drainase dibikin bagus, jalan ditinggikan, maka daya tampung air dalam drainase akan memadai, sehingga menghindari banjir," jelasnya.

BPBD setempat juga mewaspadai sejumlah lokasi yang rawan longsor yakni ruas Jalan Polimak Kalam Kudus.  Warga diminta tetap waspada terutama kepada warga yang tinggal di daerah ketinggian yang rawan longsor.  

Loading
Artikel Selanjutnya
[Cek Fakta] Viral Video Banjir di Mina Saat Ibadah Haji, Ini Faktanya
Artikel Selanjutnya
Hujan Lebat, Nunukan Dilanda Banjir