Sukses

Puncak Arus Balik Tol Cipali, 5.000 Kendaraan Melintas per Jam

Liputan6.com, Cirebon - Ratusan ribu kendaraan memadati ruas Tol Palimanan menuju Jakarta. PT LMS pengelola Tol Cipali memprediksi puncak arus balik terjadi kemarin dan hari ini, Minggu (9/6/2019).

VP Director PT LMS pengelola Tol Cipali Firdaus Azis mengatakan, arus balik dalam dua hari terakhir yakni Sabtu dan Minggu mencapai rekor tertinggi. Tahun lalu jumlah kendaraan mencapai 94 ribu.

Tahun ini pada periode yang sama jumlah kendaraan yang melintas naik 108 ribu. Kenaikan jumlah kendaraan mencapai 14 persen.

"Ini rekor baru walau ada kepadatan tapi laju kendaraan relatif lancar berkar one way," katanya kepada Liputan6.com, Minggu (9/6/2019).

Pada Minggu pagi ini, terjadi kepadatan antrean kendaraan sampai 2 km. Kendaraan mulai bisa terurai kembali sekitar 10-15 menit kemudian.

Dia mengatakan, puncak arus balik 2019 terjadi kemarin. Namun, hari ini masih padat sehingga diprediksi masih ada 100 ribu kendaraan akan kembali melintas.

Sepanjang arus mudik kemarin, kata Firdaus, tercatat 640 ribu kendaraan melintas di Tol Cipali. Sementara 330 ribu kendaraan diperkirakan sudah kembali ke Jakarta hingga Sabtu kemarin.

 

 

2 dari 2 halaman

Di Luar Proyeksi

Dari data yang didapat, selama dua hari arus balik hari Sabtu dan Minggu, rata-rata 5.000 kendaraan per jam melintas di Tol Cipali.

"Tertinggi itu hari Sabtu kemarin ya sekitar 5.600 kendaraan melintas. Untuk hari ini masih kami data," kata Firdaus.

Dia mengatakan secara keseluruhan trafik kendaraan arus mudik dan balik Lebaran 2019 mencapai 4,58 persen. Jumlah tersebut masih dibawa proyeksi PT LMS 12 persen.

"Iya masih di angka segitu dan pertumbuhan tak setinggi proyeksi," sebutnya.

Pantauan di lokasi, hingga Minggu siang ini masih terjadi kepadatan kendaraan di Gerbang Tol Palimanan arah ke Jakarta. Pengelola Tol Cipali memprediksi sudah lebih dari 100 ribu kendaraan melintas.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

Loading