Sukses

Cek Jadwal Tukar Uang Tunai untuk Lebaran di Yogyakarta

Liputan6.com, Yogyakarta Bank Indonesia sudah menyiapkan uang kartal perbankan di Daerah Istimewa Yogyakarta untuk kebutuhan Ramadan dan Idul Fitri pada tahun ini sebesar Rp 5,6 triliun. Ketersediaan uang ini meningkat 7,6 persen dari jumlah tahun lalu, yakni Rp 5,2 triliun.

"Masyarakat tidak perlu khawatir soal ketersediaan uang tunai selama periode Ramadan dan Idul Fitri 2019," ujar Direktur Perwakilan BI DIY Hilman Tisnawan dalam Buka Bersama Media di Gedung Heritage BI Yogyakarta, Rabu 8 Mei 2019.

Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap Uang Pecahan Kecil (UPK) selama periode Ramadan dan Idul Fitri 2019, BI Yogyakarta bekerja sama dengan  perbankan membuka loket penukaran untuk wilayah Kota Yogyakarta dan sekitarnya sebanyak 92 titik. Loket penukaran perbankan tersebar di empat kabupaten dan kota di wilayah DIY sebanyak 86 loket.

"Loket penukaran uang lebaran di perbankan ini jumlahnya juga meningkat jika dibandingkan dengan tahun lalu yang hanya 40 loket," ucapnya.

Penukaran mulai dibuka pada 13 sampai 29 Mei 2019 dengan waktu operasional mulai pukul 09.00 hingga 13.00 WIB.

Selain pembukaan loket-loket penukaran oleh perbankan Yogyakarta, layanan kas keliling Bank Indonesia juga akan melayani penukaran di 12 dua belas tempat strategis sejumlah instansi dan pasar-pasar tradisional. Penukar dapat melakukan penukaran uang sebanyak Rp3,8 juta per orang.

BI Yogyakarta juga akan melayani penukaran kas mobil bersama (drivethru) yang diikuti sembilan bank, yakni BNI, Mandiri, BRI, Permata, BPD DIY, BSM, BRI Syariah, BTN, dan CIMB Niaga secara bergantian di Balai Kota Yogyakarta dan parkir timur Jalan Panembahan Senopati (samping) gedung BI Yogyakarta.

"Kegiatan penukaran di Balai Kota Yogyakarta akan dirangkai dengan kegiatan sosialisasi Ciri Keaslian Uang dan Menjaga Perlakuan Uang dengan Baik," kata Hilman.

 

2 dari 2 halaman

Jadwal Layanan Kas Keliling

Jadwal layanan kas keliling wilayah DIY selama bulan Ramadan dimulai pada 13 Mei 2019. Berikut rincian lokasi penukaran uang yang bisa didatangi oleh masyarakat.

13 Mei Pasar Bantul

14 Mei Pasar Imogiri Bantul 

15 Mei Kepatihan 

16 Mei Polda DIY dan Balai Kota Yogyakarta

17 Mei Pasar Beringharjo dan Balai Kota Yogyakarta

20 Mei Pasar Wates dan Balai Kota Yogyakarta

21 Mei Pasar Tempel dan Balai Kota Yogyakarta

22 Mei Pemda Bantul dan Balai Kota Yogyakarta

23 Mei Brimob Baciro dan Balai Kota Yogyakarta

24 Mei Pasar Lempuyangan dan Balai Kota Yogyakarta

27 Mei Stasiun Tugu dan parkir timur Jalan Panembahan Senopati

28 Mei Terminal Giwangan dan parkir timur Jalan Panembahan Senopati

29 Mei Terminal Giwangan dan parkir timur Jalan Panembahan Senopati

Loading
Artikel Selanjutnya
2 Underpass Baru di Yogyakarta Siap Beroperasi
Artikel Selanjutnya
Peternak Sapi Perah di Sleman Ramai-Ramai Alih Profesi, Kenapa?