Sukses

3 Cara Bijak Kelola Uang THR, Ikutin Yuk!

Salah satu yang dinanti-nanti para pekerja jelang lebaran adalah uang THR. Jangan sampai kalap, berikut ini tiga langkah mudah dan bijak untuk mengelolanya.

Liputan6.com, Jakarta - Jelang datangnya Hari Raya Idul Fitri, hampir semua karyawan menanti turunnya tunjangan hari raya alias uang THR. Kamu begitu juga enggak? Atau malah sejak menjelang puasa udah menanti THR?

Sah-sah aja nungguin THR dan mengkalkulasi, nantinya uang itu mau buat apa aja. Yang jelas tentu buat memenuhi kebutuhan Lebaran, buat pulang kampung, juga bersedekah.

Jumlah uang yang didapat bagi karyawan tetap dan telah bekerja lebih dari 12 bulan bisa satu kali gaji. Sementara buat yang bekerja di bawah 1 tahun bakal disesuaikan dengan masa kerjanya atau biasa dihitung dengan istilah prorate. Jadi misalnya seorang karyawan baru bekerja selama 6 bulan, maka THR yang didapat adalah, masa kerja/12 x gaji.

Banyak kesalahan yang sering dilakukan para pekerja ketika mendapatkan THR, salah satunya menghabiskannya dalam waktu sesaat. Hal itu biasa terjadi, kecenderungan mengeluarkan uang lebih banyak saat mendapatkan uang tambahan sangat besar.

Misalnya saja kamu pasti gatal untuk membeli pakaian, nongkrong buka puasa bersama teman-teman di tempat mewah, atau membeli barang-barang yang sebenarnya gak dibutuhkan banget.

Padahal ada hal yang lebih bijak yang bisa dilakukan. Memang sih uang tersebut sama seperti bonus, tapi kalau dimanfaatkan sebaik-baiknya justru bisa menyelamatkan kepastian keuanganmu di bulan-bulan mendatang. Tetap saja harus ada beberapa hal yang diprioritaskan. Nah berikut ini tiga langkah mudah untuk mengelola dengan bijak uang THR yang kamu dapatkan, seperti dikutip dari MoneySmart.id.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Sisihkan uang THR untuk dana darurat

Sebagai pekerja yang mungkin juga berkeluarga, dana darurat adalah pos yang paling penting. Biasanya, kalian akan mengisi pos ini ketika gajian tiba dan menyisihkan sebagian. Idealnya, dana darurat adalah sekitar 3 sampai 6 kali gaji. Tujuannya tentu untuk mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan buruk yang terjadi secara dadakan.

Biasanya kalian selalu menyisihkannya setiap bulan sampai tujuannya terpenuhi. Tapi banyak juga yang sangat kesulitan buat memenuhinya, dengan alasan pos ini gak terlalu dibutuhkan banget.

Nah, buat kamu yang merasa kesulitan buat memenuhi target dana darurat, THR bisa banget jadi solusinya. Coba sisihkan sebagian THR yang kamu dapatkan ke pos ini. Lumayan kan bisa meringankan kamu untuk memenuhi targetnya.

Akan ada banyak keperluan-keperluan yang gak terduga di masa mendatang. Untuk itulah persiapkan sebaik-baiknya dana darurat. Buat keluarga di perkotaan, biasanya dana darurat bisa digunakan untuk perbaikan mobil, perbaikan rumah, biaya pendidikan anak, dan terakhir adalah untuk ketidakpastian kesehatan.

3 dari 4 halaman

2. Membayar tanggungan seperti utang atau cicilan

Utang adalah kewajiban yang harus kamu bayar dengan segera. Entah itu utang ke teman, keluarga, atau ke bank semuanya harus kamu lunasi.

Tapi kadang, banyak yang sulit banget untuk bayar utang, apalagi ke teman sendiri. Seorang teman juga gak bakal tega untuk menagih utangnya ke kamu, jadi alangkah baiknya kalau kamu tahu diri dan memiliki kesadaran buat membayarnya. Kamu hanya perlu komitmen untuk melunasi semua utang-utangmu.

Ada beberapa cara membuat kamu berkomitmen lebih untuk melunasinya, pertama, buatlah rencana pembayaran. Misalnya kamu memiliki utang dalam jumlah banyak ke teman cobalah buat rencana kapan akan membayarnya, apabila dicicil silahkan tulis per bulannya berapa yang ingin kamu bayar sampai lunas.

Kemudian, patuh sama rencana yang telah dibuat. Kalau kamu patuh, dijamin utang kamu bakalan cepat lunasnya deh.

Nah, tapi kan terkadang, uang gaji tersebut suka habis begitu saja, padahal kamu belum bayar utang. Demi menghindari hal-hal seperti ini, alangkah baiknya buat mengalokasikan uang tambahanmu, seperti uang THR demi membayar utang tersebut.

Jadi seandainya di bulan berikutnya kamu ada pengeluaran dadakan, utang gak bakal mengganggu kebutuhanmu. Lagian, semakin cepat lunas semakin bagus kok.

4 dari 4 halaman

3. Jangan boros

Seperti yang telah dikatakan di awal, kecenderungan buat menghabiskan lebih banyak uang akan semakin besar ketika kamu mendapatkan dana tambahan berupa THR. Tanpa pikir panjang dan masak-masak, kamu seolah langsung bersikap impulsif membeli barang-barang yang diidam-idamkan selama ini.

Padahal, barang tersebut sebenarnya enggak dibutuhkan banget. Nah, salah satu langkah bijak mengelola uang THR adalah, jangan menghamburkannya secara sesaat.

Alangkah baiknya kalau uang tersebut digunakan untuk tabungan atau investasi. Membelanjakan uang dalam waktu sesaat dan dalam jumlah besar adalah kebiasaan yang sangat buruk.

Mungkin kamu akan mendapatkan kesenangan dan kepuasan sesaat, tapi di masa yang akan datang? Kamu bakalan pusing memikirkan tabungan yang segitu-segitu saja.

Cobalah bertindak biasa saja seperti bulan-bulan biasanya. Pertahankan pengeluaranmu hanya untuk keperluan penting yang selama ini kamu lakukan.

Intinya, meskipun uang THR itu besarannya tak seberapa, tapi buatlah uang tambahan tersebut sebagai sarana untuk kepastian finansialmu di masa yang akan datang. Pasalnya, apabila keperluan finansial untuk bulan mendatang atau masa yang akan datang telah terpenuhi, dijamin hidupmu juga akan lebih tenang.

“Kebiasaan baik - saya menyebutnya 'Kebiasaan Kaya' - adalah untuk menghilangkan keinginan untuk membelanjakan uang Anda hari ini dan, alih-alih, menabungnya menjadi tabungan dan investasi yang tumbuh nilainya serta menyediakan sumber daya keuangan yang dapat digunakan di masa depan untuk mempertahankan standar hidup Anda,” tulisnya dalam posting di Business Insider.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.