Sukses

Mencicipi Menu Buka Puasa Keluarga Keraton Yogyakarta

Brongkos dipilih karena mengandung nilai. Sampai ke generasi sepuluh Keraton Yogyakarta, menu buka puasa ini konsisten dihadirkan.

Liputan6.com, Yogyakarta - Hidangan favorit keluarga kerajaan Keraton Yogyakarta dipilih sebagai menu utama hotel berbintang di Yogyakarta, kali ini juga bisa jadi menu buka puasa. Menu iga bakar kluwak brongkos diusung oleh The Phoenix Hotel Yogyakarta sebagai signature dish Culinary Journey Accor.

Bukan tanpa alasan Chef The Phoenix Hotel Yogyakarta Risman Nurdiana mengangkat iga bakar yang dipadukan kuah brongkos sebagai menu utama. Ia menilai cara ini bisa memperkenalkan menu makanan khas daerah kepada para tamu, yang tidak hanya wisatawan domestik, melainkan juga mancanegara.

"Gudeg dan oseng-oseng mercon sebenarnya juga menu khas Yogyakarta, tetapi brongkos dipilih karena mengandung nilai, sampai ke generasi sepuluh Keraton Yogyakarta menu ini konsisten dihadirkan," ujar Risman, beberapa waktu lalu.

Menu ini akan hadir di seluruh grup hotel Accor yang ada di Jateng dan DIY selama tiga bulan. Bulan ini tentu jadi salah satu menu buka puasa. Seporsi iga bakar kluwak brongkos dibanderol harga Rp 150.000.

Lantas apa perbedaan menu ini dengan brongkos kebanyakan? Risman menuturkan iga bakar kluwak kuah brongkos yang disajikannya sudah dimodifikasi.

Bukan sekadar brongkos yang campur aduk dengan beragam isinya, tetapi ditata menjadi menu makanan fusion. Fusion yang termasuk dalam gastronomi menjadi salah satu gaya hidup dalam menyantap makanan karena terlihat mewah dan tidak biasa.

Dari segi rasa, brongkos tetap terasa dengan perpaduan kluwak dan santan. Ia juga menambahkan nasi merah sebagai karbohidrat karena kaya serat dan lebih rendah gula. Cocok sebaga asupan menu buka puasa. "Rasa original brongkos tetap terasa ditambah dengan aroma asap dari iga bakar," tutur Risman.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Membuat Iga Bakar Kluwak Kuah Brongkos

Risman menuturkan langkah pertama yang dilakukan untuk memasak menu ini adalah menyiapkan bumbu dan bahan. Bumbu yang dimaksud adalah bumbu putih yang terbuat dari bawang putih, bawang merah, dan kemiri yang ditumbuk.

Selain itu juga disiapkan kluwak, lengkuas, serai, jahe, daun jeruk, dan daun salam. Bahan yang diperlukan adalah telur rebus, tahu, kacang tolo, kulit melinjo, dan iga sapi seberat 200 gram.

Langkah pertama, bumbu putih ditumis sekitar satu sampai dua menit sampai muncul aroma wangi. Setelah itu masukkan kluwak, lengkuas, serai, jahe, daun jeruk, dan daun salam.

Kluwak ditumis sampai matang. Cara membedakannya, minyak akan naik ke atas terpisah dengan. Setelah itu, masukkan air 500 mililiter.

Setelah mendidih, masukkan iga sapi. Api kompor dipastikan kecil dan dimasak sekitar tiga sampai empat jam.

"Ini prosesnya sama dengan ungkep, jadi biar bumbu meresap," kata Risman.

Kemudian, beri lada, garam, dan gula. Angkat iga bakar dari wajan. Iga bisa langsung dibakar. Untuk kuah diberi santan lalu aduk sampai matang.

 

3 dari 3 halaman

Jelajah Kuliner Accor

Perjalanan kuliner dihadirkan Accor lewat Culinary Journey, yakni sebuah program yang digelar sepanjang tahun dan menampilkan keragaman sajian masakan serta cita rasa unik. Kuliner ini diolah oleh para tim kuliner di lebih dari 120 restoran di hotel-hotel Accor Indonesia.

"Wisata kuliner sesuatu yang penting juga, kamar menjadi tidak menarik karena kamar sudah banyak, lewat kuliner kami ingin menghadirkan pengalaman gaya hidup," ujar Adi Satria, Vice President of Sales, Marketing, Distribution and Loyalty, Operations, Accor Indonesia-Malaysia-Singapore.

Bukan hanya Jateng dan DIY lewat menu iga bakar kluwak kuah brongkos, melainkan juga ada enam destinasi lainnya yang mengusung kuliner penuh nilai dan cita rasa berbeda. Daerah-daerah itu meliputi, Jawa Barat, Jawa Timur, Sumatera, Kalimantan, Bali, dan Lombok.

Untuk merayakan Ramadhan, sebanyak 12 hotel Accor yang ada di wilayah Jawa Tengah dan DIY menyuguhkan variasi sajian makanan prasmanan berbuka puasa. Hotel yang dimaksud, antara lain, The Phoenix Hotel Yogyakarta-Mgallery, The Royal Surakarta Heritage Solo, Grand Mercure Yogyakarta Adi Sucipto, Novotel Yogyakarta, Ibis Styles Yogyakarta, dan Ibis Styles Solo.

Para tamu bisa menikmati penawaran ini dengan harga mulai dari Rp 50.000 sampai Rp 125.000 per orang bersama keluarga, rekan bisnis, dan teman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.