Sukses

Mengenal Konsep Flying Fox Jembatan Gantung Julangtaka Cianjur

Jembatan gantung ini menghubungkan Dusun Cijulang dan Dusun Bantaka yang dipisahkan oleh sungai Cisadea. Jembatan tersebut diberi nama Jembatan Julangtaka artinya memiliki ketulusan yang tinggi.

Liputan6.com, Cianjur - Untuk memudahkan mobilisasi warga di daerah terpencil, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membangun jembatan gantung, salah satunya di desa terpencil Cianjur. Jembatan ini guna mempermudah dan memperpendek akses masyarakat pedesaan menuju sekolah, pasar, tempat kerja, dan akses silaturahmi antarwarga.

Jembatan gantung ini menghubungkan Dusun Cijulang dan Dusun Bantaka yang dipisahkan sungai Cisadea. Jembatan tersebut diberi nama Jembatan Julangtaka artinya memiliki ketulusan yang tinggi.

Sebelum ada jembatan, akses antardusun tersebut selama ini menggunakan rakit, dan apabila banjir maka air sungai naik sehingga akses antardusun tersebut terputus.

"Hadirnya jembatan JudesA akan mempermudah dan memperpendek akses warga masyarakat perdesaan menuju sekolah, pasar, tempat kerja, mengurus administrasi ke kantor kelurahan atau kecamatan dan akses silaturahmi antarwarga," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono beberapa waktu lalu.

Dalam kurun 2015-2018, Kementerian PUPR telah membangun sebanyak 164 jembatan gantung di antaranya merupakan Jembatan Gantung untuk Desa Asimetris (JudesA).

Pada tahun 2019 terdapat percepatan pembangunan, sehingga jembatan gantung baru yang akan dibangun sebanyak 167 unit yang tersebar di seluruh pelosok di tanah air.

Pelaksana tugas Kepala Balitbang Lukman Hakim mengatakan Jembatan Gantung Teknologi JudesA tersebut merupakan inovasi yang dikembangkan Pusat Penelitian Jalan dan Jembatan (Pusjatan), Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang), Kementerian PUPR sejak tahun 2014.

Jembatan gantung ini diperuntukkan pejalan kaki dan sepeda motor untuk memudahkan mobilitas warga desa.

"Kementerian PUPR telah membangun secara swakelola prototipe JudesA dengan bentang 40 meter, 60 meter. Untuk JudesA dengan bentang 122 meter, pertama kali diterapkan di Desa Muaracikadu," terang Lukman pada acara Peresmian Prototipe JudesA yang dihadiri pelaksana tugas Bupati Cianjur Herman Suherman di Kecamatan Sindangbarang, Kabupaten Cianjur, Jumat (26/4/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Konsep Flying Fox

Kapusjatan Deded P. Sjamsudin menjelaskan teknologi JudesA menggunakan sistem pembangunan satu arah, yaitu dengan konsep flying fox, menggunakan tali untuk penyeberangan.

Material jembatan dibuat prefabrikasi dan sistem komponen jembatan modular yang membuat konstruksinya lebih mudah dipasang. 

"Pemasangannya pun dapat dilaksanakan dengan swadaya masyarakat. Dari segi keamanannya, JudesA didukung oleh dua sistem kabel semi independen, dimana kabel utama dan sistem lantainya menahan gaya lateral, sehingga jika salah satu kabel mengalami kegagalan maka kabel lainnya saling menguatkan," jelasnya.

Sementara Plt Bupati Kabupaten Cianjur Herman Suherman mengatakan, kehadiran jembatan ini sangat dibutuhkan oleh warga masyarakat sini, terutama untuk anak-anak sekolah. "Sebelumnya warga kesulitan, jika ada hujan banjir mereka tidak sekolah bahkan harus menginap di sekolah," paparnya.

Reni warga Dusun Bantaka mengatakan, selama ini bila ingin ke desa seberang menggunakan rakit, tetapi kalau banjir tidak bisa karena air meluap. "Dengan adanya jembatan ini, saya bisa dengan mudah dengan aman ke desa seberang," tuturnya.

Siti Mulyani, pelajar SMPN 1 Sindangbarang, Kabupaten Cianjur yang setiap harinya berangkat ke sekolah harus menggunakan rakit untuk menyeberangi Sungai Cisadea. "Kalau memutar sejauh 2 km. Adanya jembatan JudesA yang dibangun Kementerian PUPR ini, Alhamdulillah bisa ke sekolah dengan cepat dan aman," kata Siti.

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.