Sukses

Top 3 Berita Hari Ini: Jokowi Menang Pilpres Versi Quick Count, Mahfud MD: Jangan Terkecoh

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 Berita Hari Ini, hasil hitung cepat atau quick count sementara dari sejumlah lembaga survei menyebutkan bahwa pasangan nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf unggul dari Sandiaga-Prabowo. 

Hasil tersebut dikeluarkan Lembaga survei Indo Barometer yang telah melaksanakan quick count di 1.200 TPS sebagai sampel, dari 810.329 TPS yang tersebar di 34 Provinsi.

Dari data 99,67 persen yang sudah masuk, hasilnya pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin mendapat 54,32 persen. Sementara, pasangan Prabowo-Sandiaga mendapat 45,68 persen.

Terkait hasil quick count ini, Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD angkat suara. Menurutnya hasil penghitungan suara tidak akan diputuskan melalui komputer, melainkan lewat saksi dan tanda tangan basah.

Jika ada pihak-pihak yang merasa adanya kecurangan dari hasil resmi yang nantinya akan dikeluarkan, dapat dimonitor dan dibuktikan lewat pengadilan. 

Berikut berita terpopuler dalam Top 3 Berita Hari Ini:

 

1. Mahfud MD: Jangan Terkecoh Hasil Hitung Cepat Pemilu 2019

Mahfud MD Coblos Pemilu 2019. (Liputan6.com/Switzy Sabandar)

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD menilai pelaksanaan pemilu di kampungnya berjalan baik. Terlihat dari pelayanan kepada pemilih, termasuk menyediakan konsumsi bagi pemilih yang menunggu giliran masuk ke bilik suara.

"Mudah-mudahan nanti sore sekitar pukul 17.00 WIB sudah tahu hasilnya dari hitung cepat, walaupun hasil resmi secara manual baru diumumkan satu bulan kemudian," ujar Mahfud, Rabu (17/4/2019).

Mahfud MD mengingatkan kepada masyarakat supaya tidak terkecoh dengan pengumuman hasil suara. Sebab yang muncul pada sore hari nanti, baru hasil hitung cepat.

Selengkapnya...

2. Kaesang Pangarep: Bapak Menang atau Kalah, Saya Tetap Jualan Pisang

Putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep mencoblos di TPS 38 Kampung Tirtoyasan, Manahan, Solo. (Foto: Liputan6.com/Fajar Abrori)

Pemilu 2019 ini, dua putra Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep, mencoblos di TPS 38, Kampung Tirtoyasan, Manahan, Solo, Rabu, 17 April 2019. Menantu Presiden Jokowi, Selvi Ananda, juga turut mencoblos di TPS tersebut.

Tiga anggota keluarga capres petahana itu berada di TPS sekitar 20 menit. Kemudian mereka mulai meninggalkan lokasi pemungutan suara sekitar pukul 10.50 WIB.

Gibran dan istrinya tidak mengeluarkan sepatah kata pun ketika diberondong pertanyaan oleh awak media.

Saat Kaesang ditanya mengenai kans kemengan Jokowi, ia justru memberi jawaban kocak. Kaesang justru mempromosikan bisnis kopi miliknya. 

Selengkapnya... 

3. Prabowo - Sandi Juara di Lapas Wanita Sukun Malang dan Rutan Kebonwaru

Hasil penghitungan suara pilpres 2019 di Lapas Wanita Sukun Malang memenangkan Prabowo - Sandiaga Uno (Liputan6.com/Zainul Arifin)

Pasangan Prabowo Subianto – Sandiaga Uno mengungguli pasangan Joko Widodo – Ma’ruf Amin di Lapas Wanita Sukun, Malang, Jawa Timur, pada pilpres 2019 ini. Itu berdasarkan penghitungan suara di dua tempat pemungutan suara (TPS) di lapas tersebut.

Lapas Wanita Sukun Malang pada pilpres 2019 ini ada TPS 27 dan TPS 28. Jokowi – Ma’ruf Amin dapat 57 suara dan Prabowo - Sandiaga Uno meraih 84 suara di TPS 27. Jokowi - Ma’ruf Amin dapat 56 suara dan Prabowo - Sandiaga Uno dapat 109 suara di TPS 28.

Secara keseluruhan, di lapas wanita ini ada 670 warga binaan, tapi hanya 316 orang saja yang bisa mencoblos. Separuh yang tidak bisa menyalurkan hak pilihnya itu karena tidak memenui persyaratan seperti dokumen kependudukan.

Selengkapnya...

2 dari 2 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Mahfud MD: Jangan Terkecoh Hasil Hitung Cepat Pemilu 2019
Artikel Selanjutnya
Pesan Mahfud MD Jelang Hari Pencoblosan