Sukses

Angin Ribut di Borobudur Rusak 14 Rumah

Hujan deras disertai angin ribut di wilayah Desa Karanganyar dan Desa Ngadiharjo, Borobudur, telah mengakibatkan sejumlah pohon tumbang dan belasan rumah rusak.

Liputan6.com, Magelang - Hujan deras disertai angin ribut di wilayah Desa Karanganyar dan Desa Ngadiharjo, Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, telah mengakibatkan sejumlah pohon tumbang dan belasan rumah rusak.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang, Edy Susanto di Magelang, mengatakan sekitar pukul 14.15 WIB terjadi hujan deras yang disertai dengan angin kencang di wilayah Kecamatan Borobudur.

"Hujan disertai angin kencang di Dusun Ngadiwinatan dan Desa Karanganyar tersebut menyebabkan beberapa pohon tumbang menutup akses jalan dan menimpa kabel listrik serta kerusakan 14 rumah warga," katanya, dilansir Antara.

Ia menyebutkan 14 rumah di Dusun Ngadiwinatan mengalami rusak ringan maupun rusak berat, yakni milik Sumaedi (60), Hamid Fattah (38), Sisdiyanto (50), Suprayitno (64), Sumpeno (60), Sudarto (67), Anwar (42), Mucholisachatun (45), Tanwir (72), Sugiyanto (36), Bahaudin (35) Sudarto (60), M. Husain (60), Abdul khafidz (65).

Kemudian bencana yang terjadi di Dusun Kedok, Desa Ngadiharjo mengakibatkan pohon tumbang menutup akses jalan dan rumpun bambu menimpa jaringan listrik.Bencana di Dusun Kalitengah, Desa Giritengah mengakibatkan pohon tumbang menutup akses jalan dusun, jaringan listrik putus dan rumah rusak ringan.

Ia menyebutkan rumah Sunandar (45) tertimpa pohon, kemudian rumah Jumirin (48) dan rumah Ponco (35) atap dan genteng berhamburan.Selanjutnya bencana di Dusun Mijil, Desa Giritengah mengakibatkan rumah rusak ringan milik Banduri (60).

"Penanganan pohon tumbang sudah selesai dilakukan dan kegiatan kerja bakti pembenahan rumah rusak akan dilakukan Sabtu (6/4)", ujarnya.

Pemotongan dan menyingkirkan pohon tumbang dilakukan oleh BPBD bersama TNI, POLRI, relawan, dan warga setempat.

Hujan yang terjadi juga memicu bencana longsor di Dusun Kalitengah, Desa Giritengah, Kecamatan Borobudur yang mengakibatkan rumah milik Muhyidin (57) rusak berat dan rumah Turi (65) rusak ringan.

Simak video pilihan berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.