Sukses

Antara Pagi, Putih dan Hijau di Pantai Nangarawa

Pantai ini berada sekitar 25 kilometer dari Borong, Ibukota kabupaten Manggarai Timur dan dapat ditempuh sekitar 1 jam lebih perjalanan.

Liputan6.com, Kupang - Pantai Nangarawa, salah satu destinasi wisata baru yang sangat indah meski belum dikenal luas wisatawan lokal maupun mancanegara. Bagi yang ingin menikmati pantai pasir putih dengan karakteristik padang savana yang unik itu, datanglah ke Nangarawa.

Pantai ini terletak di Desa Bamo, Kecamatan  Kota Komba, Kabupaten Manggarai Timur, Propinsi Nusa Tenggara Timur.

Pantai ini berada sekitar 25 kilometer dari Borong, Ibukota kabupaten Manggarai Timur dan dapat ditempuh sekitar 1 jam lebih perjalanan.

Sejauh mata memandang, Anda akan dihipnotis panorama savana yang menggoda. Indah nian. Anda juga bisa menikmati lalu lalang ternak piaraan warga seperti sapi, kambing, dan kerbau yang begitu leluasa menikmati dedaunan dari balik ombak lepas pantai itu.

Beberapa bongkahan batu besar yang mengimpit pasir putih itu kian mempercantik pantai Nangarawa.

Pantai  ini diapit padang savana, bukit serta lanskap pegunungan Kota Komba yang indah. Sementara, di bagian Barat terpantau pegunungan Poco Ndeki, hamparan padang rumput mengapit dari Timur serta bentangan indahnya laut Sawu yang menggoda dari Selatan.

Sayangnya pantai yang indah ini belum ditata dengan baik oleh pemerintah setempat. Akses jalan menuju lokasi ini masih memperihatinkan. Beberapa titik badan jalan menuju tempat ini sudah rusak. Pecah-pecah karena usia dan curah hujan yang terus menggerus.

Karena pesonannya, pantai ini sangat cocok dan terbuka untuk dibangun fasilitas pendukung jasa pariwisata seperti usaha-usaha penginapan, hotel, vila, cottage dan wahana bermain anak. Pantai Nangarawa tetap jadi jadi alternatif terbaik bagi rekreasi keluarga.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Banyak Hasil Bumi

Pantauan Liputan6.com, setiap hari terutama hari libur, ratusan pengunjung dari berbagai daerah mengunjungi pantai Nangarawa. Mereka datang dari Borong, Ruteng, Bajawa dan juga sempat dikunjungi beberapa wisatawan asing.

Beranjangsana ke Nangarawa juga menjadi lengkap jikalau dipadukan dengan kunjungan ke Waewole dan atau Pantai Mbalata, di Waelengga yang letaknya tak jauh dari Pantai Nagarawa.

Beberapa warga di Pantai Nangarawa meminta pemerintah daerah harus berani mengelola dan menata tempat itu menjadi destinasi  yang layak dikunjungi oleh wisatawan, baik wisatawan lokal maupun mancanegara.

"Tempat ini sangat indah dan menarik. Sebagai pengunjung kita minta pemerintah melihat Nangarawa sebagai objek wisata yang harus dikembangkan dan ditata segera. Banyak hasil pertanian bisa dipasarkan karena pengunjungnya ramai setiap hari terutama hari libur," ujar Destin, pengunjung Pantai Nangarawa kepada Liputan6.com belum lama ini.

Jika dikelola dengan baik maka Nangarawa bisa menjadi pusat rekreasi bagi keluarga dan wisatawan. Banyak hasil bumi terutama buah-buahan segar yang dihasilkan petani lokal seperti rambutan, salak, mangga, kelapa bisa dipasarkan kepada pengunjungi di lokasi wisata ini.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.