Sukses

Rusak Parah, Jalan Jayapura-Wamena Ditutup Sementara

Jalan trans Papua poros Jayapura-Wamena sepanjang 575 KM masih dalam tahap pengerjaan tetapi sudah dilewati ratusan truk dengan bobot 2-7 ton.

Liputan6.com, Jayapura - Balai Besar Pembangunan Jalan Nasional (BBPJN) XI Papua melalui Satker Wilayah 1 menutup sementara ruas jalan Jayapura-Wamena untuk mempercepat proses perbaikan jalan yang rusak.

Kepala Satker BBPJN Wilayah 1 Jayapura Saut Muthe kepada Antara di Jayapura mengatakan awalnya sulit memberi pengertian kepada supir-supir yang mengangkut berbagai komoditas dari Jayapura ke Wamena karena mereka terpaksa bermalam di jalan dengan waktu yang lebih lama.

Muthe mengatakan setelah diberikan pengertian akhirnya para supir, baik truk maupun sejenis hilux, Jumat, 18 Januari 2019, sepakat tidak melanjutkan perjalanan ke Wamena sehingga para pekerja dapat melakukan pekerjaannya membersihkan jalan dari tumpukan tanah berlumpur.

"Kami meminta waktu dua atau tiga hari untuk memperbaiki dengan membuang tanah berlumpur yang memenuhi sejumlah ruas jalan hingga rusak parah," kata Muthe dilansir Antara, Senin (21/1/2019).

Dia menambahkan kerusakan di 12 titik dari arah Jayapura disebabkan tingginya mobilitas kendaraan yang melintas dengan beban yang berat. Padahal, jalan tersebut dalam tahap pengerjaan dan masih berupa jalan tanah, ditambah lagi tingginya curah hujan membuat kondisi jalan makin parah.

Muthe menyebutkan, setiap akhir pekan sekitar 200-an kendaraan melintas dari arah Jayapura dengan beban yang dibawa sekitar dua hingga tujuh ton.

Kepala Satker Wil I Jayapura yang mengaku baru kembali dari lokasi mengatakan tingginya aktivitas kendaraan yang melintas di ruas jalan Jayapura-Wamena disebabkan saat ini masyarakat lebih memilih mengirim barang melalui darat karena harganya lebih murah dibanding pesawat.

Bila diangkut melalui darat harganya Rp7 ribuan/kg sedangkan melalui udara Rp13 ribu/kg dan ruas jalan tersebut melayani delapan kabupaten di pegunungan tengah yakni Kabupaten Yalimo, Jayawijaya, Mamberamo Tengah, Tolikara, Lanny Jaya, Puncak Jaya dan Puncak serta Kabupaten Nduga, kata Muthe.

Jalan trans Papua poros Jayapura-Wamena sepanjang 575 KM, masih dalam tahap pengerjaan yang dilakukan dari arah Jayapura dan Wamena.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.