Sukses

Kuliner Legendaris Khas Kediri, Sate Daging Bekicot

Liputan6.com, Kediri - Di sepanjang jalan raya Kecamatan Plosoklaten-Kecamatan Wates Kabupaten Kediri, Jawa Timur, banyak ditemui warung makanan dan minuman berjejar di pinggir jalan.

Lokasinya tidak jauh dari objek wisata Ubulan. Kebanyakan warung menjual kuliner khas masakan Kediri, bekicot.

Di tangan terampil Rudiati (50) daging bekicot diolah menjadi masakan yang enak dan banyak disuka pecinta kuliner.

Salah satunya diolah masakan sambel goreng krengsengan dan sate yang dijual per porsi seharga Rp 10 ribu. Daging bekicot dikrengseng menggunakan bumbu pedas cabai merah. Sementara sate bekicot menggunakan bumbu kacang layaknya sate pada umumnya.

Daging bekicot ini dibeli dari seorang pengepul. Harga daging bekicot tiap 1 Kg dihargai Rp 40 ribu. Daging bekicot diterima sudah dalam keadaan bersih, tidak bercangkang, dan berlendir.

"Kita terima sudah dalam kondisi bersih dan tinggal mengelolah masak aja, mas. Tapi sebelumnya direbus dulu," tutur Rudiati yang sudah 12 tahun berjualan masakan daging bekicot, Minggu (30/12/2018).

Banyaknya permintaan, terutama saat liburan seperti sekarang, Rudiati mengaku masakan olahan daging bekicot bisa laku terjual hingga 20 Kg dalam sehari. Sementara jika pada hari biasa cuman laku terjual 10 Kg.

"Sambil berwisata di Taman Ubalan, biasanya mereka mampir, makan daging bekicot," ujarnya.

Rachman (38), pecinta kuliner asal Surabaya mengatakan, baru pertama kali mencicipi masakan bekicot di Dusun Jengkol. "Bumbunya manis pedas. Kuahnya nyemek mas. Dagingnya terasa kenyal, enak sekali," ucap Rachman.

Usai menyantap hidangan masakan sate dan krengsengan, pengunjung dari luar kota biasanya membeli keripik bekicot untuk oleh-oleh. Harga keripik bekicot kemasan plastik 200 gram dijual seharga Rp 50 ribu.

"Kalau keripik bekicot, ada pabriknya. Kita kulak terus dijual lagi ke konsumen," ucap Rudiati.

Kelezatan olahan masakan daging bekicot ini dapat pengunjung temukan di warung Barokah Mbak Yul yang beralamat di Dusun Jengkol Desa Ploso Kidul, Kecamatan Plosoklaten, Kabupaten Kediri, Jawa Timur.

Saksikan video pilihan berikut ini: