Sukses

Sempat Tergelincir di Gorontalo, Pesawat Lion Air Kembali Terbang

Liputan6.com, Gorontalo - Masih ingat dengan pesawat Lion Air Boeing 737-800 dengan nomor penerbangan JT-892 yang tergelincir di bandara Djalaludin Gorontalo pada Minggu, 29 April 2018 lalu?

Setelah dikandangkan selama 7 bulan, akhirnya burung besi ini sembuh dari sakitnya. Pesawat milik maskapai Lion Air ini rencananya akan mengudara kembali dan membuka jadwal penerbangnya pada hari ini, Kamis 22 November 2018.

Pesawat yang mengalami kerusakan pada bagian mesinnya itu tidak beroperasi sejak tergelincir di Gorontalo. Lamanya masa perbaikan pesawat ini karena bandara Djalaludin Gorontalo belum mempunyai fasilitas yang memadai untuk memperbaiki pesawat tersebut, selain itu harus ada tim teknis dari Boeing pusat yang memperbaikinya.

Kepala Bandara Djalaludin Gorontalo Poweras Sihaloho, menjelaskan bahwa pesawat tersebut rusak parah pada kedua mesinnya. "Mengapa pesawat lama tidak beroperasi, karena pesawat Lion Air tersebut rusak parah pada kedua engine-nya," ungkapnya.

"Hal tersebut diakibatkan oleh batu-batu kecil dan tanah yang masuk pada engine saat pasawat itu tergelincir, jadinya kedua engine di sebelah kanan dan kiri itu mau tidak mau diganti dengan baru dan kedua engine tersebut didatangkan dari Jakarta bersama alat dan tim khusus jadinya agak sedikit lama," Poweras menambahkan.

 

2 dari 2 halaman

Penerbangan Perdana

District Manager Lion Air Gorontalo Yasir Hasan membenarkan bahwa lamanya perbaikan pesawat tersebut karena kurangnya alat dan juga menunggu kedatangan tim teknis di Bandara Gorontalo.

"Tim Boeing akhirnya berhasil memperbaiki kerusakan pada pesawat Lion Air Boeing 737-800, ke semua tim kita datangkan dari luar beserta alat-alatnya dan Alhamdulillah, pesawat ini sudah siap beroperasi dan rencananya akan mengudara pada besok siang tepat pada pukul 13.00 Wita," kata Yasir.

"Harapnya kepada seluruh masyarakat untuk selalu mendoakan agar trasportasi udara di Indonesia, khususnya di Gorontalo itu bisa memberikan pelayanan terbaik dan juga diberikan keselamatan selama perjalanan," dia menandaskan.

 

Simak video pilihan berikut ini: